Strategi Madrasah Dalam Menanamkan Budaya Dan Nilai-Nilai Ajaran Islam Ahlussunnah Waljama’ah

Amalia, Hikmatul (2023) Strategi Madrasah Dalam Menanamkan Budaya Dan Nilai-Nilai Ajaran Islam Ahlussunnah Waljama’ah. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (318kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (281kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (318kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (589kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (332kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (879kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (268kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (360kB)

Abstract

Aswaja dan budaya memiliki keterkaitan yang tidak dapat di pisahkan. Aswaja dapat memahami budaya dan tradisi di Indonesia. Hal tersebut dikarenakan aswaja memiliki beberapa prinsip seperti tasamuh, tawasuth, tawazun, dan amar ma’ruf nahi munkar. Penanaman nilai Aswaja di MA NU Nurussalam Besito sebagai bentuk dari tuntutan masyarakat, meskipun sebagai penganut paham Aswaja akan tetapi masih banyak para anak yang belum mengamalkan amaliyah Aswaja. Madrasah ini memiliki visi, misi, dan tujuan untuk mengembangkan budaya dan nilai-nilai ajaran Islam aswaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi madrasah dalam menanamkan budaya dan aswaja, mengetahi bagaimana kendala yang dihadapi, serta bagaimana upaya dalam mengatasi kendala dalam menanamkan budaya dan aswaja di madrasah. Jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subyek yang terdapat dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, waka kurikulum, guru mata pelajaran aswaja, waka humas, dan beberapa peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara digunakan untuk memperoleh pendapat terkait strategi madrasah dalam mengembangkan budaya dan nilai-nilai ajaran Islam ahlussunnah wal jama’ah, observasi digunakan untuk memperoleh data pelaksanaan strategi madrasah, sedangkan dokumentasi digunakan untuk memperoleh data keadaan. Uji keabsahan data menggunakan data triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Adapun analisis data penelitian dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini ditemukan bahwa: (1) Strategi madrasah dalam mengembangkan budaya dan nilai-nilai ajaran Islam Ahlussunnah wal Jama’ah melalui beberapa program antara lain intrakurikuler adanya mata pelajaran aswaja, pembiasaan seperti bersalaman dengan guru, berdoa sebelum pembelajaran, sholat dhuha, sholat dhzuhur berjama’ah, kegiatan khitobah, dan ekstrakurikuler rebana. (2) Dalam pelaksanaanya terdapat beberapa kendala seperti tidak ada musolla, faktor dari lingkungan luar atau masyarakat, dan penggunaan media sosial secara berlebihan. (3) Upaya dalam mengatasi kendala tersebut yaitu kegiatan sholat dilakukan di teras sampai ada tempat khusus untuk beribadah, kerja sama antara pihak madrasah dengan orang tua peserta didik, dan yang terakhir semua guru harus memeberikan nasehat kepada peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Budaya Aswaja, Strategi Madrasah
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 Aug 2023 02:16
Last Modified: 09 Aug 2023 02:16
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10799

Actions (login required)

View Item View Item