Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah Terhadap Praktik Pembulatan Standar Minimal Harga Pada Jasa Usaha Laundry (Studi Kasus di Inez Laundry Desa Pengumbulanadi Kecamatan Tikung Kabupaten Lamongan

Ummah, Fatin Asyafi’atul (2023) Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah Terhadap Praktik Pembulatan Standar Minimal Harga Pada Jasa Usaha Laundry (Studi Kasus di Inez Laundry Desa Pengumbulanadi Kecamatan Tikung Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (555kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (655kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (711kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (402kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (789kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (475kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (583kB)

Abstract

Semakin majunya teknologi dan berkembangnya zaman, gaya hidup yang praktis dan efesienlah yang lebih diminati oleh masyarakat sekarang. Sehingga saat ini banyak sektor jasa, seperti jasa laundry atau jasa pencucian pakaian. Di kabupaten Lamongan sudah tidak terhitung berapa banyak jumlah usaha laundry yang ada. Salah satunya di Desa Pengumbulanadi Kecamatan Tikung yang meramaikan usaha laundry. Dalam menentukan tarifnya, usaha laundry tersebut menggunakan sistem satuan (per barang), dengan harga yang berbeda-beda dan memiliki standar harga sendiri dan menggunakan sistem pembulatan harga dalam perhitungannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana praktik pembulatan harga pada jasa usaha laundry di Inez Laundry dan untuk mengetahui bagaimana tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap praktik pembulatan harga pada jasa usaha laundry di Inez Laundry. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif, untuk teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah 1 orang pengelola dan 3 orang konsumen, untuk memperoleh data penelitian tentang bagaimana praktik pembulatan harga yang digunakan. Dalam menentukan tarif biaya laundry, pihak laundry menggunakan sistem pembulatan harga. Adapun dalam praktiknya yang menjadi masalah yakni pihak laundry tidak memberitahu terlebih dahulu kepada konsumen ketika harga akan dibulatkan. Hal tersebut dilakukan secara langsung oleh pihak laundry, tanpa adanya kesepakatan bersama. Dalam praktinya juga para konsumen ada yang mengetahui dan ada yang tidak mengetahui tentang pembulatan harga yang dilakukan oleh pihak laundry tersebut. Berdasarkan hasil penelitian ini bahwasannya, laundry tersebut termasuk dalam akad ijarah dan akad tabarru’, dimana dalam praktiknya sudah memenuhi rukun dan syarat ijarah, yakni adanya mu’jir, musta’jir, ma’jur dan akad. Dan dalam praktik pembulatan standar minimal harga tersebut, pihak konsumen tidak merasa dirugikan, dan diantara kedua belah pihak tidak merasa dirugikan dan saling ridho, maka hukumnya sah dan diperbolehkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMujab, SayfulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembulatan harga, Laundry, Ijarah.
Subjects: Fiqih, Hukum Islam
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 Aug 2023 02:46
Last Modified: 09 Aug 2023 02:46
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10806

Actions (login required)

View Item View Item