Kegiatan Pengelolaan Sampah di Masyarakat Pedesaan Karanganyar Kecamatan Karanganyar Kabupaten Demak (Perspektif Teologi Lingkungan Sayyed Hossein Nasr)

Muhammad, Aditya Mahathir (2023) Kegiatan Pengelolaan Sampah di Masyarakat Pedesaan Karanganyar Kecamatan Karanganyar Kabupaten Demak (Perspektif Teologi Lingkungan Sayyed Hossein Nasr). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (68kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (78kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (168kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (236kB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (113kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (294kB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (75kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (79kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan pengelolaan sampah di Desa Karanganyar dan untuk mengetahui respon masyarakat Desa Karanganyar dengan adanya kegiatan pengelolaan sampah perspektif teologi lingkungan. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan, yaitu penelitian yang sumbernya terjun langsung kepada masyarakat. Dalam Teknik pengumpulan data, penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Penulis berusaha menganalisis data-data yang telah diperoleh dari informan yang kemudian data tersebut terkait dengan teori-teori yang relevan. Hasil penelitian ini adalah mengetahui kegiatan dan respon masyarakat Desa Karanganyar tentang pengelolaan sampah yang menjadi solusi dari masalah pencemaran lingkungan yang belum terkelola dengan baik dan benar. Selain itu, dalam teologi lingkungan masyarakat Desa Karanganyar pada awalnya dapat di katakan sebagai manusia modern karena kurangnya kepedulian terhadap alam, dimana lingkungan sekitar dicemari oleh sampah hasil rumah tangga yang tentunya tidak dikelola dengan baik, sehingga pemerintah Desa Karanganyar Bersama BPD (Badan Perwakilan Desa) membuat suatu kebijakan yang di dasari atas keresahan masyarakat Desa karanganyar karena semakin rusaknya lingkungan. Di buatlah kegiatan yang memiliki program kerja di mana sampah hasil rumah tangga dikelola oleh Desa agar kelestarian lingkungan dapat terjaga. Seiring berjalannya program ini, respon masyarakat Desa Karanganyar mulai sadar akan arti pentingnya menjaga dan melestarikan lingkungan dari pencemaran karena alam merupakan tanggung jawab manusia kepada Allah SWT, hal ini menjadikan masyarakat Desa Karanganyar dikaterogikan menjadi manusia tradisional karena timbul kesadaran menjaga alam agar terjaga kelestarianya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFarihah, IrzumUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Sampah, Teologi Lingkungan, Seyyed Hossein Nasr
Subjects: Aqaid dan Ilmu Kalam > Aqidah menurut aliran-aliran atau sekte-sekte dalam Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Akidah dan Filsafat Islam
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 Aug 2023 07:12
Last Modified: 09 Aug 2023 07:12
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10815

Actions (login required)

View Item View Item