Nilai-Nilai Moral Yang Terkandung Dalam Tradisi Pernikahan Adat Jawa Di Desa Dresi Kulon Kecamatan Kaliori Kabupaten Rembang

Maghfiroh, Fitriani (2022) Nilai-Nilai Moral Yang Terkandung Dalam Tradisi Pernikahan Adat Jawa Di Desa Dresi Kulon Kecamatan Kaliori Kabupaten Rembang. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover-Kata Pengantar.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (124kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (221kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan studi lapangan kualitatif terhadap tradisi pernikahan adat Jawa di Desa Dresi Kulon Kecamatan Kaliori Kabupaten Rembang. Topiknya adalah nilai-nilai moral yang terdapat dalam pernikahan adat Jawa. Dimana banyak masyarakat yang ada, kurang memahami makna yang terdapat pada setiap tradisi yang dilakukan saat mengadakan kegiatan upacara sakral pernikahan. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan karakter yang mengagungkan berbagai tradisi yang ada di Jawa, salah satunya adalah tradisi perkawinan. Data wawancara, observasi, dan dokumentasi dikumpulkan dengan menggunakan strategi ini. Berikut temuan penelitian ini: 1) Di Desa Dresi Kulon Kecamatan Kaliori Kabupaten Rembang, Prosesi Pernikahan Adat Jawa memiliki persamaan dan perbedaan dengan lokasi Jawa lainnya. Beberapa variabel menjadikannya.perbedaan dan persamaan. Perbedaan letak wilayah, adat istiadat, dan kondisi alam, misalnya. Meskipun memiliki rentang variabilitas yang luas, hal ini tidak mengubah makna inti dari tradisi tersebut. 2) Moral.yang terkandung dalam pernikahan adat Jawa di Desa Dresi Kulon, Kecamatan Kaliori, Kabupaten Rembang. Nilai.moral individu, sosial, dan agama menjadi titik tolaknya. Setiap ritual.memiliki makna moralnya sendiri. Orang Jawa memiliki keinginan yang kuat untuk mengemas nasehat secara tradisional. Kedua pasangan merasakan kewajiban sebagai akibat dari nilai-nilai.moral individu mereka. Perbedaan tradisi pasti bisa terjadi dimana saja. Hal itu merupakan sesuatu yang wajar. Karena setiap wilayah memiliki kerakteristik yang berbeda. Meskipun dalam penerapannya berbeda, namun inti dari makna yang terkandung dalam setiap.tradisi hampir sama. Setiap wilayah memiliki cara tersendiri dalam mewujudkan tradisinya. Setiap tradisi ataupun ritual yang dilaksanakan pasti ada pesan yang ingin disampaikan leluhur kepada generasi penerus bangsa. Yang pada intinya.setiap kegiatan itu mengandung unsur nasehat.untuk kehidupan mereka mendatang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRahmawati, Rukhaini FitriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Prosesi dan Nilai-nilai Moral Yang Terkandung Dalam Tradisi Adat Jawa di Desa Dresi Kulon, Kecamatan Kaliori, Kabupaten Rembang.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 11 Aug 2023 02:13
Last Modified: 11 Aug 2023 02:13
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10826

Actions (login required)

View Item View Item