Studi Hadis Keromantisan Terhadap Pasangan Suami Istri Dalam Rumah Tangga Rasulullah saw (Kajian Maanil Hadis Sunan An-Nasa’i Nomor 170)

Huda, Muhammad Miftahul (2023) Studi Hadis Keromantisan Terhadap Pasangan Suami Istri Dalam Rumah Tangga Rasulullah saw (Kajian Maanil Hadis Sunan An-Nasa’i Nomor 170). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (490kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (393kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (781kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (971kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (512kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (499kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (505kB)

Abstract

Perlu diketahui bahwa Keharmonisan bertujuan untuk mencapai keselarasan dan keserasian dalam kehidupan berkelurga. Rasulullah pernah berkata baity jannaty yang artinya “rumahku surgaku” karena sejatinya Rasulullah ingin berupaya menciptakan surga dalam rumah tangganya sendiri, tentu saja dengan bantuan istri-istrinya. Dengan prinsip-prinsip keromantisan dalam berkeluarga maka dapat menambah keharmonisan keluarga dan menambah kasih sayang diantara pasangan suami istri. Ternyata hal ini pernah dicontohkan oleh Rasulullah saw dengan bercumbu mesra dengan Istri-istri beliau. Sehingga sebagai umat Islam yang meyakini bahwa Rasulullah saw merupakan sebaik-baik suri tauladan. Maka penulis melakukan penelitian ini dengan judul “Studi Hadis Keromantisan Terhadap Pasangan Suami Istri dalam Rumah Tangga Rasulullah saw (Kajian Maanil Hadis Sunan An-Nasa’i Nomor 170)”. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu Untuk mengetahui kualitas hadis keromantisan yang dilakukan Rasulullah kepada para istrinya. Untuk mengetahui kehujjahan hadis Sunan An-Nasa’i Nomor 170 tentang keromantisan yang dilakukan Rasulullah kepada para istrinya. Untuk mengetahui pemaknaan hadis keromantisan yang dilakukan Rasulullah kepada para istrinya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni jenis penelitian kepustakaan (library research), bersumber dari kepustakaan, baik dalam bentuk buku, jurnal, skripsi, ataupun literatur yang lain, dengan tujuan mencari data, konsep-konsep, teori-teori, dan juga yang lain yang dirasa relevan dengan tujuan pencapaian hasil penelitian adapun dengan pendekatan ilmu-ilmu lain bertujuan agar kita dapat mengetahui bahwa hadis nabi selalu selaras dengan ilmu pengetahuan sebagai bukti kuat kebenaran Hadis Nabi tersebut. Hasil yang dicapai dari penelitian ini ialah, bertambahnya keyakinan akan keabsahan Hadis Nabi, serta rasulullah memang sebaik-baik suri tauladan terutama pada cara Rasulullah membina sebuah keluarga dengan studi keromantisan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFarida, UmmaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Studi Keromantisan, Maanil Hadis
Subjects: Hadits dan Ilmu yang berkaitan
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Hadis
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 14 Aug 2023 01:25
Last Modified: 14 Aug 2023 01:25
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10830

Actions (login required)

View Item View Item