Penerapan Kurikulum Muatan Lokal Aswaja Untuk Menngkatkan Ketaatan Beribadah Siswa VIII Di MTs Miftahul Huda Kuripan Purwodadi Grobogan Tahun 2023

Muharrom, Mubarok Syahril (2023) Penerapan Kurikulum Muatan Lokal Aswaja Untuk Menngkatkan Ketaatan Beribadah Siswa VIII Di MTs Miftahul Huda Kuripan Purwodadi Grobogan Tahun 2023. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (270kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (169kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (267kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (537kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (537kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (305kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (414kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (253kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (252kB)

Abstract

Persoalan keagamaan perlu mendapatkan perhatian lebih dari semua komponen pendidikan, mengingat waktu penerapan secara khusus untuk pendidikan agama di sekolah relatif sempit. Maka dari itu diperlukan pelajaran agama tambahan agar nilai religius yang dimiliki peserta didik dapat meningkat, yaitu dengan diadakannya kegiatan ekstrakurikuler keagamaan. Kegiatan ekstrakurikuler ditujukan agar peserta didik dapat memperkaya dan memperluas wawasan pengetahuan, mendorong pembinaan nilaidan sikap demi meningkatkan keta’atan beribadah peserta didik. Sehubungan dengan hal itu MTs Miftahul Huda adalah madrasah yang menerapkan program pengembangan pendidikan islam dengan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan. Tujuan dari adanya penelitian ini yaitu: (1) untuk mengetahui bagaianana penerapan ekstrakurikuler keagamaan untuk meningkatkan keta’atan beribadah siswa di MTs Miftahul Huda Kuripan, (2) untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat penerapan ekstrakurikuler keagamaan untuk meningkatkan keta’atan beribadah siswa di MTs Miftahul Huda Kuripan Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research yang diaksanakan melakukan secara langsung dilapangan dengan harapan memperoleh data utama yang akurat, cermat dan lengkap. Kemudian melihat dari sudut pandang pendekatan, dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif yang pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini yaitu kepala madrasah, waka kurikulum, guru mata pelajaran dan juga siswa kelas VIII MTs Miftahul Huda. Dalam merencanakan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan MTs Miftahul Huda membuat program kegiatan. Adapun kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka meningkatkan keta’atan beribdah meliputi: kegiatan sholat dhuhur dan dhuha berjama’ah, peringatan maulid nabi, BTQ (baca tulis qur’an) dan juga istighasah.Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di MTs Miftahul Huda dilaksanakan pada waktu yang sudah ditentukan. Shalat dhuhur dan dhuha dilaksanakan setiap hari pada jam 12.00 dan 09.00, kemudian BTQ dilaksanakan setiap pagi sebelum KBM dengan membaca surat-surat pendek, peringatan maulid nabi pada bulan dzulhijah dan juga istighasah dilaksanakan pada saat milad madrasah dan akan dilaksanakan ujian.Evaluasi kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dapat dilihat dari antusiasme peserta didik dalam mengikuti kegiatan ekstra dan juga keistiqomahan dan konsistensi peserta didik dalam mengikuti kegiatan eksta sehingga dapat meningkatkan ketatan beribdah di MTs Miftahul Huda Kuripa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMusawanah, MualamatulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Ekstrakurikuler Keagamaan, Ketaatan Beribadah
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 14 Aug 2023 01:54
Last Modified: 14 Aug 2023 01:54
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10835

Actions (login required)

View Item View Item