Pemberdayaan Masyarakat Melalui Home industry Tenun Ikat Handiqa Jaya Dalam Menyejahterakan Masyarakat Desa Troso Kecamatan Pecangaan Kabupaten Jepara

Murtiningsih, Dewi (2023) Pemberdayaan Masyarakat Melalui Home industry Tenun Ikat Handiqa Jaya Dalam Menyejahterakan Masyarakat Desa Troso Kecamatan Pecangaan Kabupaten Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (324kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (326kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (362kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (475kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (408kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (588kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (313kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (323kB)

Abstract

Pemberdayaan masyarakat merupakan suatu usaha yang dilakukan untuk mengembangkan potensi dan kemampuan yang dimiliki oleh individu maupun masyarakat agar bisa lebih mandiri yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Home industry merupakan suatu usaha rumahan yang dikelola oleh keluarga dengan menjadikan rumah sebagai tempat produksi. Dengan adanya home industry dinilai dapat mengurangi jumlah pengangguran, terbukanya lapangan pekerjaan, serta dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Tujuan penelitian ini yaitu, 1) Untuk mengetahui bagaimana proses pemberdayaan masyarakat melalui home industry tenun ikat handiqa jaya di Desa Troso Kecamatan Pecangaan Kabupaten Jepara , 2) Untuk mengetahui hasil yang diperoleh dari pemberdayaan masyarakat melalui home industry tenun ikat handiqa jaya di Desa Troso Kecamatan Pecangaan Kabupaten Jepara. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif. Pengambilan data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun jumlah informan dalam penelitian ini ada 5 (lima) yaitu, pemilik home industry tenun ikat handiqa jaya, tiga (3) karyawan home industry tenun ikat handiqa jaya, dan Kepala Desa Troso. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberdayaan masyarakat melalui home industry tenun ikat handiqa jaya dalam menyejahterakan masyarakat Desa Troso Kecamatan Pecangaan Kabupaten Jepara yaitu, 1) proses pemberdayaan masyarakat melalui home industry tenun ikat handiqa jaya dilakukan melalui tiga tahapan yaitu, penyadaran, pembinaan,dan kemandirian. 2) hasil yang diperoleh dari pemberdayaan masyarakat melalui home industry tenun ikat handiqa jaya memiliki peran penting dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, hal tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan taraf hidup masyarakat dan terciptanya lapangan pekerjaan bagi masyarakat sehingga dapat mengurangi jumlah pengangguran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMubasyaroh, MubasyarohUNSPECIFIED
Thesis advisorMaghfirah, NurilUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Masyarakat, Home industry, Kesejahteraan Masyarakat
Subjects: Sosial dan Budaya Islam > Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 15 Aug 2023 02:58
Last Modified: 15 Aug 2023 02:58
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10852

Actions (login required)

View Item View Item