Prabowo, Teguh Aditya (2023) Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Physich Education Technologi (PhET) Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa MTs. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (126kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (180kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (223kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (288kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (178kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (338kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (69kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (195kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning (PBL). (2) Untuk mengetahui pengaruh problem based learning dengan berbantuan Physic Education Technologi (PhET) terhadap kemampuan berfikir kritis siswa pokok bahasabn konsep listrik dinamis kelas IX di MTs NU Ihyaul Ulum. Metode yang digunakan digunakan adalah dengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif maka data-data yang diperoleh dari lapangan diolah menjadi angka-angka. Kemudian angka-angka tersebut diolah menggunakan metode statistic deskriptif untuk mengetahui hasil olah data yang diinginkan. Subyek penelitian merupakan pihak-pihak yang dijadikan sebagai sample dalam sebuah penelitian. Dalam hal ini juga membahas karakteristik subyek yang digunakan dalam penelitian yakni siswa kelas IX MTs NU Ihyaul Ulum Gondoharum Jekulo Kudus. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Keterlaksanaan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan PhET pada materi listrik dinamis kelas IX di MTs NU Ihyaul Ulum sudah terlaksana dengan baik, ditinjau dari aktivitas siswa dalam proses pembelajaran siswa mengikuti dengan baik dan kondusif, dengan metode ini siswa menjadi bersemagat, memiliki perhatian terhadap pembelajaran, dan lebih aktif serta percaya diri dalam bertanya dan menyampaikan pendapatnya. (2) problem based learning dengan berbantuan Physic Education Technologi (PhET) ternyata berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis peserta didik pada materi listrik dinamis di MTs NU Ihyaul Ulum Gondoharum Jekulo Kudus. Rata-rata peningkatan nilai materi listrik dinamis ini yang diajarkan dengan problem based learning berbantuan Physic Education Technologi (PhET) lebih tinggi (63,23) dibanding dengan rata-rata peningkatan nilai yang diajar bukan dengan problem based learning (56,88).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | problem based learning (PBL), PhET aplication, berfikir kritis | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris IPA | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 16 Aug 2023 01:32 | ||||||
Last Modified: | 16 Aug 2023 01:32 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10856 |
Actions (login required)
View Item |