Implementasi Bimbingan Pra Nikah dalam Mewujudkan Keharmonisan Keluarga di Kantor Urusan Agama Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kudus

Niam, Muhammad Syukron Khoirun (2023) Implementasi Bimbingan Pra Nikah dalam Mewujudkan Keharmonisan Keluarga di Kantor Urusan Agama Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (202kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (151kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (472kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (510kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (372kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (484kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (215kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (292kB)

Abstract

Penelitian ini dibuat untuk mengetahui 1) Implementasi bimbingan pra nikah dalam mewujudkan keharmonisan keluarga, 2) faktor pendukung dalam bimbingan pra nikah dan 3) faktor kendala bimbingan pra nikah mewujudkan keharmonisan keluarga di KUA Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kudus. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif karena peneliti turun secara langsung ke lapangan, terlibat dengan pelaksanaan bimbingan pra nikah seperti pihak KUA, pemateri dan juga peserta sehingga dapat menggambarkan secara komprehensif terkait dengan situasi setempat. Data yang didapat melalui sumber data primer yaitu kepala KUA Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kudus, pemateri atau pembimbing, dan peserta. Sedangkan sumber data sekunder menggunakan data kepustakaan dan data dokumentasi. Data diperoleh melalui teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi terkait di Kantor Urusan Agama Kecamatan Kaliwungu Kabupatem Kudus. Teknik analisis yang digunakan yakni dengan teknik data collection, reduction, display dan drawing. Hasil dari penelitian ini memperoleh hasil bimbingan pra nikah di kantor urusan agama Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kudus merupakan proses bantuan yang diberikan kepada calon pengantin yang akan melaksanakan pernikahan baik kelompok maupun individu yang dilakukan secara langsung oleh pemateri atau pembimbing. Pelayanan bimbingan pra nikah menggunakan metode berupa penyampaian materi atau ceramah, diskusi dan tanya jawab dan simulasi atau mempraktekkan penugasan yang disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan di lapangan oleh pemateri. Materi yang disampaikan mengenai pembangunan pondasi keharmonisan keluarga yang sesuai dengan ajaran agama Islam. Faktor pendukung dalam bimbingan pra nikah di KUA Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kudus antara lain pemateri yang berkompeten dengan sudah memiliki sertifikat BIMTEK dari Kementerian Agama Pusat, materi yang sesuai SOP mengenai pembekalan kehidupan rumah tangga, sarana dan pra sarana untuk tempat pelaksanaan dan administrasi biaya tidak dipungut biaya untuk peserta yang mengikuti bimbingan pra nikah. Sosialisasi mengenai bimbingan pra nikah atau bimbingan perkawinan belum maksimal dan waktu pasangan calon pengantin sangat terbatas dan sulit untuk menyesuaikan dengan jadwal pelaksanaan bimbingan pra nikah. Hasil dari bimbingan pra dalam mewujudkan keharmonisan pada kehidupan rumah tangga peserta bimbingan pra nikah di KUA Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kudus meningkatakan kesiapan calon pemgantin dalam menjalani kehidupan rumah tangga dan para peserta mendapatkan pengetahuan mengenai permasalahan sesuai materi yang sudah disampaikan oleh pembimbing bimbingan pra nikah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKhafidhoh, InayatulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Pra Nikah, Keharmonisan Keluarga.
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Psikologi Islam
Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Dakwah Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Bimbingan Konseling Islam (BKI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 16 Aug 2023 02:26
Last Modified: 16 Aug 2023 02:26
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10863

Actions (login required)

View Item View Item