Pemberdayaan Potensi Taman Wisata Alam Lokajaya Oleh Kelompok Sadar Wisata Dengan Metode Participatory Action Research (Sudi Kasus : Desa Tengguli Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara)

Kamalia, Dina (2023) Pemberdayaan Potensi Taman Wisata Alam Lokajaya Oleh Kelompok Sadar Wisata Dengan Metode Participatory Action Research (Sudi Kasus : Desa Tengguli Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (321kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (313kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (369kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (613kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (348kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (470kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (343kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (304kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan studi riset yang dilatar belakangi oleh penelitian di bidang pemberdayaan potensi sumber daya alam dan pemberdayaan sumber daya manusia dalam peningkatan taraf perekonomian masyarakat desa oleh Kelompok Sadar Wisata Desa Tengguli Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh anggota Kelompok Sadar Wisata Desa Tengguli dalam melakukan pemberdayaan potensi alam yang ada di Desa Tengguli dan strategi pemberdayaan untuk mempertahankan eksistensi Taman Wisata Alam Lokajaya Desa Tengguli. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yang dilakukan secara langsung dengan focus penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatif ini mendeskripsikan hasil dari program Participatory Action Research (PAR) oleh Kelompok Sadar Wisata Desa Tengguli dalam melakukan pemberdayaan masyarakat melalui potensi Taman Wisata Alam Lokajaya Desa Tengguli. Pengambilan data dalam penelitian ini melalui proses wawancara, observasi dan dokumentasi. Terdapat 4 narasumber dalam penelitian ini yaitu Kepala Desa, Ketua Kelompok Sadar Wisata, Masyarakat, dan Pemerintah Desa Tengguli. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa : Pertama, bentuk pemberdayaan potensi sumber daya alam desa yang dikelola menjadi lokasi wisata alam sebagai upaya untuk membangun sumber potensi Desa Tengguli sehingga hasil dari pemberdayaan dan pembangunan ini dapat dirasakan oleh masyarakat Desa Tengguli. Kedua, usaha dalam meningkatkan taraf perekonomian masyarakat melalui Taman Wisata Alam Lokajaya Desa Tengguli dengan membuka Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), sebagai upaya untuk mendorong kreativitas masyarakat Desa Tengguli. Ketiga, program Participatory Action Research di Lokasi Taman Wisata Alam Lokajaya Desa Tengguli oleh Kelompok Sadar Wisata Desa Tengguli berbentuk penyusunan program peduli lingkungan Taman Wisata Alam Lokajaya bersama internal Kelompok Sadar Wisata, Pemerintah Desa Tengguli dan beberapa msyarakat sekitar. Program Ini bertujuan untuk meningkatkan rasa partisipasi masyarakat dalam ikut serta menjaga dan melestarikan potensi Taman Wisata Alam Lokajaya sebagai salah satu asset Desa Tengguli dalam bidang kepariwisataan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMundakir, AkhmadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Potensi Alam, Pemberdayaan, Participatory Action Research
Subjects: Sosial dan Budaya Islam > Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Aug 2023 02:36
Last Modified: 21 Aug 2023 02:36
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10870

Actions (login required)

View Item View Item