Pengaruh Program Kajian Kitab Kuning dan Program Tahfidz terhadap Sikap Religiusitas Peserta Didik di MA Matholi’ul Huda Boarding School Troso Jepara

Herawati, Lisa Ariana (2023) Pengaruh Program Kajian Kitab Kuning dan Program Tahfidz terhadap Sikap Religiusitas Peserta Didik di MA Matholi’ul Huda Boarding School Troso Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (5MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (314kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (273kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (353kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (494kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (385kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (628kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (290kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (307kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk menganalisis pengaruh program kajian kitab kuning terhadap sikap religiusitas peserta didik di MA Matholi’ul Huda Boarding School Troso Jepara, (2) Untuk menganalisis pengaruh program tahfidz Al-Qur’an terhadap sikap religiusitas peserta didik di MA Matholi’ul Huda Boarding School Troso Jepara, dan (3) Untuk menganalisis pengaruh program kajian kitab kuning dan program tahfidz Al-Qur’an terhadap sikap religiusitas peserta didik di MA Matholi’ul Huda Boarding School Troso secara simultan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, yaitu penelitian yang menekankan analisisnya pada data-data berupa angka yang diolah menggunakan metode statistik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan cara penyebaran angket pada peserta didik yang mengikuti program kajian kitab kuning sekaligus program tahfidz sebanyak 30 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode analisis regresi ganda dengan bantuan program olah data SPSS versi 25 for windows. Hasil penelitian dan pemaparan analisis yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa: 1) Program kajian kitab kuning secara parsial berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap sikap religiusitas. Hal ini dibuktikan melalui uji statistik yang memiliki nilai thitung > ttabel (4,787 > 2,052) dan nilai signifikansinya 0,000 < 0,05, sehingga menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan mengenai program kajian kitab kuning terhadap sikap religiusitas peserta didik di MA Matholi’ul Huda Boarding School Troso Jepara. 2) Program tahfidz Al-Qur’an secara parsial berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap sikap religiusitas. Hal ini dapat dibuktikan melalui uji statistik yang memiliki nilai thitung > ttabel (2,206 > 2,052) dan nilai signifikansinya 0,036 < 0,05, sehingga menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H2 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan mengenai program tahfidz Al-Qur’an terhadap sikap religiusitas peserta didik. 3) Program kajian kitab kuning dan program tahfidz Al-Qur’an secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap religiusitas. Hal ini dibuktikan melalui uji statistik yaitu Fhitung > Ftabel (23,596 > 3,35) dan didukung oleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Hasil dari pengujian koefisien determinasi diperoleh hasil 0,636 atau 63,6% yang memiliki arti program kajian kitab kuning (X1) dan program tahfidz Al-Qur’an (X2) berkontribusi sebesar 63,6% terhadap sikap religiusitas. Sedangkan sisanya yaitu 36,4% dipengaruhi oleh variabel di luar penelitian. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan secara simultan antara program tahfidz Al-Qur’an dan program kajian kitab kuning dengan sikap religiusitas peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNugroho, PuspoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Program Kajian Kitab Kuning, Program Tahfidz, dan Sikap Religiusitas.
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Aug 2023 02:47
Last Modified: 21 Aug 2023 02:47
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10872

Actions (login required)

View Item View Item