Pemberdayaan Masyarakat Melalui Taman Baca Kosmasari Dalam Membentuk Kemampuan Literasi Anak di Desa Karangsari Kecamatan Cluwak Kabupaten Pati

Mua’nifah, Luthfiatim (2023) Pemberdayaan Masyarakat Melalui Taman Baca Kosmasari Dalam Membentuk Kemampuan Literasi Anak di Desa Karangsari Kecamatan Cluwak Kabupaten Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (348kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (203kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (450kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (669kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (397kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (496kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (188kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (306kB)

Abstract

Penelitian dengan judul “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Taman Baca Kosmasari Dalam Membentuk Kemampuan Literasi Anak di Desa Karangsari Kecamatan Cluwak Kabupaten Pati” bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil pemberdayaan masyarakat yang telah dilakukan oleh taman baca kosmasari dalam membentuk kemampuan literasi. Faktor penghambat dan pendukung yang terjadi selama proses pemberdayaan yang sedang berlangsung. Peneliti menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif, dimana dalam penelitian ini peneliti secara langsung menggali informasi di lokasi penelitian yaitu Desa Karangsari, Kecamatan Cluwak, Kabupaten Pati. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian dalam penelitian Pemberdayaan Masyarakat Melalui Taman Baca Kosmasari Dalam Membentuk Kemampuan Literasi Anak di Desa Karangsari Kecamatan Cluwak Kabupaten Pati dengan melakukan berbagai program dan kegiatan diantaranya Bimbingan Belajar (Bimbel), Kreasi Ramadhan, Ngabubured, Mengaji Bersama, Mewarai Alam dan Permainan Tradisional. Adapun faktor yang dihadapi selama kegiatan Pemberdayaan Masyarakat Melalui Taman Baca Kosmasari Dalam Membentuk Kemampuan Literasi Anak di Desa Karangsari Kecamatan Cluwak Kabupaten Pati yaitu faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung dalam pelaksanaan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh Taman Baca Kosmasari adalah kegiatan menarik, buku baru dan permainan barudan adanya fasilitator atau penasehat. Sedangkan faktor penghambat dalam pelaksanaan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh Taman Baca Kosmasari adalah kesibukan fasilitator atau penasehat, cuaca dan dana. Beberapa faktot pendukung dan penghambat yang seringkali ditemukan selama kegiatan pemberdayaan berlangsung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMubasyaroh, MubasyarohUNSPECIFIED
Thesis advisorMaghfirah, NurilUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Masyarakat, Taman Baca, Kemampuan Literasi Anak.
Subjects: Sosial dan Budaya Islam > Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Aug 2023 03:08
Last Modified: 21 Aug 2023 03:08
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10876

Actions (login required)

View Item View Item