Strategi Bimbingan Keagamaan dengan Pendekatan Shalawat untuk Mengembangkan Spiritualitas Remaja Majelis Dzikir di Nalumsari Jepara

Khumairoh, Nor (2023) Strategi Bimbingan Keagamaan dengan Pendekatan Shalawat untuk Mengembangkan Spiritualitas Remaja Majelis Dzikir di Nalumsari Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (346kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (274kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (483kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (729kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (375kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (549kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (270kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (460kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi bimbingan keagamaan dengan pendekatan shalawat untuk mengembangkan spiritualitas remaja majelis dzikir di Desa Pringtulis dan Desa Gemiring Kidul Kecamatan Nalumsari Kabupaten Jepara. Dengan pendekatan shalawat di setiap kegiatan yang dilaksanakan di majelis madinatul ilmi dan majelis darul musthofa memberi bimbingan keagamaan bagi para remaja, selain dapat mengembangkan spiritualitas remaja majelis dzikir sebagaimana perkembangan itu membuat remaja merasakan kenyamanan, ketenangan dan kebahagiaan melalui strategi shalawat, ratib al attas, ratib al haddad, dan maulid simtudurror. Sehingga dari strategi tersebut remaja akan memiliki tujuan hidup, kualitas iman yang bagus, kebahagiaan dunia dan akhirat, rasa cinta kepada Allah, dan kasih sayangnya Allah. Remaja yang hadir di majelis ini bisa mendapatkan bimbingan keagamaan, sehingga para remaja bisa memaknai hidupnya dan bisa mengembangkan jati dirinya dengan baik karena dengan berdzikir dan bershalawat akan menambah kecintaan mindividu kepada Allah dan Rasulullah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (Field research), kemudian pendekatan penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan sumber datanya adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data didapatkan dari proses observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemilihan subjek penelitian menggunakan teknik pengumpulan data secara langsung dari penelitian mendapatkan data benar-benar didapat data yang valid dan reliable. Informan dari penelitian ini yaitu Pemimpin majelis, pengurus majelis, dan jama’ah remaja yang sering mengikuti kegiatan bimbingan keagamaan di majelis dzikir. Hasil penelitian ini menemukan beberapa hal yaitu sebagai berikut: 1) Perkembangan remaja majelis dzikir di Majelis Madinatul Ilmi dan Majelis Darul Musthofa 2) Strategi bimbingan keagamaan yang digunakan yaitu Shalawat, Dzikir Ratib Al Attas dan Ratib Al Haddad, Pembacaan Maulid Simtudurorr. 3) Dampak yang di timbulkan dari strategi bimbingan keagamaan ini remaja merasakan kenyamanan, ketenangan, kebahagiaan, munculnya cinta yang membara terhadap Allah dan Rasulallah, dan remaja bisa mengembangkan kualitas jati dirinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNida, Fatma Laili KhoirunUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Keagamaan, Spiritualitas, Remaja Dzikir
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Bimbingan Konseling Islam (BKI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 23 Aug 2023 02:09
Last Modified: 23 Aug 2023 02:09
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10895

Actions (login required)

View Item View Item