Tinjauan Hukum Islam Terhadap Jual Beli Padi dengan Sistem Patem (Studi Kasus di Desa Tigajuru Kecamatan Mayong Kabupaten Jepara)

Rahmawati, Nia Zulia Rahmawati (2023) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Jual Beli Padi dengan Sistem Patem (Studi Kasus di Desa Tigajuru Kecamatan Mayong Kabupaten Jepara). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover-Kata Pengantar.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (200kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (3MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (278kB)

Abstract

Pada pelaksanaan praktik jual beli padi di Desa Tigajuru dengan menggunakan sistem paten, yakni sistem pengurangan bobot timbangan 1-2 kg perkarung padi kering dan timbangan yang benilai gram tidak dihitung dalam perhitungan dengan alasan memudahkan tengkulak dalam membulatkan hasil timbangan. Sitem paten telah berlangsung serta sudah dipraktikan berdasarkan kebiasaan yang telah berlaku ditengah masyarakat, hingga saat ini menjadi tradisi bagi tengkulak. Pelaksanaan jual beli padi menggunakan sistem paten ini cenderung merugikan salah satu pihak yaitu petani, sebab ada potongan bobot timbangan wajib pada setiap karung, tidak cuma pemotongan bobot timbangan saja namun terdapat sebagian tengkulak menggunakan alat timbangan yang sudah dimodifikasi berbagai macam dan hanya diketahui oleh beberapa warga, hal itu dilakukan supaya memperoleh laba yang lebih tinggi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Metode ini mencoba mengkaji status penggolongan orang, atau objek, seperangkat keadaan, cara berpikir, atau kilas kejadian dimasa kini. Penelitian ini dilaksanakan oleh peneliti guna memaparkan peristiwa sebenarnya dilapangan yang berkaitan dengan praktek jual beli padi dengan sistem paten di Desa Tigajuru. Pada penelitian ini yang menjadi subyek pokok penelitian yaitu para petani sebagai pihak yang menjual padi keringnya, tengkulak sebagai pihak yang membeli padi kering petani, dan makelar atau perantara sebagai penengah dalam proses berjalannya praktek jual beli padi di Desa Tigajuru Kecamatan Mayong Kabupaten Jepara. Berdasarkan hasil temuan, tinjauan hukum islam terhadap jual beli padi dengan sistem paten termasuk sah akadnya, praktek jual beli padi benar sesui dengan ketentuan hukum islam serta diperbolehkan dengan syara’, terdapat prinsip kerelaan dan keridhaan, ini menunjukkan keihklasan perjanjian kedua pihak yang didasari oleh sukarela. Terdapat keterangan terkait spesifikasi dan keadaan padi kering yang diperjualbelikan, perdagangan padi kering dapat dilakukan dalam agama islam, karena dapat membantu masyarakat untuk memperoleh kebutuhan pangannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNa'im, Abdul HarisUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Hukum Islam, Jual Beli, Sistem Paten
Subjects: Fiqih, Hukum Islam > Mu`alamat > Jual Beli
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 23 Aug 2023 02:21
Last Modified: 23 Aug 2023 02:21
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10896

Actions (login required)

View Item View Item