Hubungan antara Keaktifan Siswa Membaca Al-Qur’an terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP N 1 Kayen

Ashif, Ahmad (2023) Hubungan antara Keaktifan Siswa Membaca Al-Qur’an terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP N 1 Kayen. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (393kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (345kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (598kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (782kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (648kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (723kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (382kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (410kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Keaktifan membaca al-Qur’an siswa kelas IX di SMP N 1 Kayen terhadap Hasil Belajar Siswa pada ranah kognitif siswa kelas IX di SMP N 1 Kayen. 2) Keaktifan membaca al-Qur’an siswa kelas IX di SMP N 1 Kayen terhadap Hasil Belajar Siswa pada ranah Afektif siswa kelas IX di SMP N 1 Kayen. 3) Hubungan antara kaeaktifan siswa membaca al-Qur’an terhadap hasil belajar ranah kognitif dan afektif siswa kelas IX pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP N 1 Kayen. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif karena untuk mengetahui hubungan atau pengaruh antara dua variabel atau lebih. Data yang dilakukan pada penelitian ini berupa data kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas IX SMP N 1 Kayen. Teknik pengambilan sampel berdasarkan Rumus Krejcie dan Morgan dengan proporsional random sampling sehingga memperoleh sampel sebanyak 167 siswa, karena signifikansi 5% dari populasi 295 siswa berjumlah 167 sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian peneliti berkesimpulan Keaktifan membaca al-Qur’an siswa kelas IX di SMP N 1 Kayen terhadap Hasil Belajar Siswa pada ranah kognitif dikatakan sebagai sikap giat, ulet, tekun dalam menjalani kegiatan atau kesibukan yang dilakukan oleh orang yang sedang mencari ilmu dimanapun orang tersebut berproses mencari ilmu. Kegiatan tersebut meliputi berbagai aktifitas yang dialami selama mengikuti proses belajar mengajar. Kegiatan tersebut bisa berupa aktifitas membaca, menulis, menghitung, berbicara ataupun kegiatan lainnya. Keaktifan siswa dalam membaca Al-Qur’an sendiri dapat mempengaruhi hasil belajar pada ranah kognitif khususnya. Dari hal tersebut dikatakan Keaktifan membaca al-Qur’an siswa kelas IX di SMP N 1 Kayen terhadap Hasil Belajar Siswa pada ranah kognitif dalam kategori sangat tinggi yaitu sebesar 0,99. Keaktifan membaca al-Qur’an siswa kelas IX di SMP N 1 Kayen terhadap Hasil Belajar Siswa pada ranah afektif, Ranah afektif adalah ranah yang berkaitan dengan sikap dan nilai dimana siswa di SMP N 1 Kayen dengan keaktifan mereka dalam membaca al-qur’an membuat karakter dan sikap yang lebih santun, meskipun tidak semua siswa seperti itu. Dari hal tersebut, dikatakan Keaktifan membaca al-Qur’an siswa kelas IX di SMP N 1 Kayen terhadap Hasil Belajar Siswa pada ranah kognitif dalam kategori rendah yaitu sebesar 0,35. Hubungan Antara Keaktifan membaca al-Qur’an terhadap Hasil Belajar Siswa pada Ranak Kognitif dan Ranah Afektif Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas IX di SMP N 1 Kayen Pada prinsipnya, peserta didik yang kemampuan kognitifnya tinggi adalah yang benar-benar mampu memahami dan ikut berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran seperti menyampaikan kepada peserta didik yang lain. Mereka akan mengoperasikan potensi intelektualnya untuk menganalisa, membuat pertimbangan dan mengambil keputusan secara tepat dan melaksanakannya secara benar. Jadi, dapat disimpulkan Terdapat Hubungan yang positif dan tidak Signifikan sebesar 0,205 dan 0,657 dan masuk dalam kategori rendah dan sedang Antara Keaktifan membaca al-Qur’an terhadap Hasil Belajar Siswa pada Ranak Kognitif Ranah Afektif Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas IX di SMP N 1 Kayen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSupriyadi, SupriyadiUNSPECIFIED
Thesis advisorFa'atin, SalmahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Keaktifan Siswa, Membaca Al-Qur’an, Hasil Belajar Siswa
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 30 Aug 2023 01:29
Last Modified: 30 Aug 2023 01:29
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10923

Actions (login required)

View Item View Item