Penetapan Wali Hakim Terhadap Anak Perempuan Yang Lahir Kurang Dari Enam Bulan Di KUA Kecamatan Kota Kudus Perspektif Sosiologi

Musafak, Musafak (2023) Penetapan Wali Hakim Terhadap Anak Perempuan Yang Lahir Kurang Dari Enam Bulan Di KUA Kecamatan Kota Kudus Perspektif Sosiologi. Masters thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (761kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (334kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (723kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (473kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (361kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (554kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk 1) mengetahui dan mendiskripsikan secara mendalam prosedur penetapan wali nikah terhadap anak perempuan yang lahir kurang dari enam bulan di KUA Kecamatan Kota Kudus; 2) untuk mengetahui penetapan wali hakim terhadap anak yang lahir kurang dari enam bulan di KUA Kecamatan Kota Kudus perspektif sosiologi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus (Case Study Ressearch). Penggalian data digunakan teknik wawancara semi terstruktur, observasi dan dokumentasi (pengkajian dokumen). Subyek pada penelitian ini, yaitu Kepala KUA, penghulu, pengantin perempuan, ayah pengantin perempuan, ulama (kyai), akademisi dan tokoh masyarakat. Teknis analisis data digunakan analisis model Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Sedangkan untuk keabsahan data digunakan teknik pengujian keabsahan data melalui perpanjangan pengamatan, triangulasi dan member chek. Hasil penelitian ditemukan bahwa 1) prosedur penetapan wali nikah terhadap anak perempuan yang lahir kurang dari enam bulan sesuai dengan prosedur penetapan wali nikah secara umum yaitu melalui a) pendaftaran kehendak nikah, b) pemeriksaan kehendak nikah, c) pengumuman kehendak nikah, d) pelaksanaan pencatatan nikah, dan e) penyerahan Buku Nikah. Sebagaimana tertuang dalam Peraturan Menteri Agama nomor 20 tahun 2019 tentang Pencatatan Pernikahan. Hanya saja ada sedikit tambahan dalam tahap pemeriksaan ada pencocokan tanggal nikah orang tua dengan tanggal lahir anak untuk mengetahui jarak kelahirannya. 2) dalam prespektif sosiologi penetapan wali hakim terhadap anak perempuan yang lahir kurang dari enam bulan ini penghulu menetapkan wali nikahnya adalah wali hakim. Hal ini disandarkan pada pendapat mazhab Syafi’I, di mana dalam konstruksi hukum Islam yang diamalkan oleh masyarakat Kecamatan Kota sebagian besar menggunakan fikih mazhab Syafi’I. Fakta empiris di lapangan tidak mungkin diabaikan begitu saja. Karena jika fakta empiris tidak dijadikan pertimbangan bisa saja menimbulkan gejolak sosial. Di samping itu aspek historis, antropologis dan sosiologis juga menjadi bahan pertimbangan dalam penetapan wali nikah tersebut. Namun di sini juga penulis temukan adanya terobosan hukum dengan mengkolaborasi hukum positif dengan tetap menuliskan nama ayah dicatatan data Akta Nikah maupun buku nikahnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHadi, SolikhulUNSPECIFIED
Thesis advisorTaufikin, TaufikinUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Penetapan Wali Hakim, Penghulu, Sosiologi, Anak Perempuan Lahir Kurang dari Enam Bulan.
Subjects: Fiqih, Hukum Islam
Fiqih, Hukum Islam > Hukum Waris (Faraid) dan Wasiat > Ahli Waris
Divisions: Pascasarjana > Hukum Keluarga Islam (HKI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 31 Aug 2023 01:42
Last Modified: 31 Aug 2023 01:42
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10942

Actions (login required)

View Item View Item