Strategi Dakwah Gerakan Pemuda Ansor Dalam Mencegah Kenakalan Remaja Keluarga Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Desa Jlegong Keling Jepara

Afan, M Syahrizal (2023) Strategi Dakwah Gerakan Pemuda Ansor Dalam Mencegah Kenakalan Remaja Keluarga Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Desa Jlegong Keling Jepara. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (316kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (568kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (356kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (580kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (350kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (461kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (287kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (310kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) untuk mengetahui strategi dakwah yang dilakukan oleh Gerakan Pemuda Ansor dalam mencegah kenakalan remaja keluarga Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Desa Jlegong Keling Jepara. 2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat Gerakan Pemuda Ansor dalam mencegah kenakalan remaja keluarga Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Desa Jlegong Keling Jepara. Jenis metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif. Peneliti ini menggunakan jenis penelitian lapangan dan pendekatan kualitatif peneliti akan terjun secara langsung ke lapangan. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun tehnik analisis data yang digunakan peneliti yaitu Reduksi data (data reduction), Penyajian data (data display), Verifikasi (Verification/ Conclusion Drawing). Lokasi dalam penelitian ini berada di Desa Jlegong Keling Jepara. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa 1) Strategi dakwah yang dilakukan.oleh Gerakan Pemuda Ansor dalam mencegah.kenakalan remaja keluarga Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Desa.Jlegong.Keling Jepara yaitu ada dua. Pertama yaitu Strategi Tilawah atau strategi komunikasi. Strategi tersebut dilakukan dengan cara mengundang para remaja tersebut dalam acara bulanan yang dilaksanakan oleh GP Ansor setiap bulannya. Namun kebanyakan dari remaja tersebut kurang begitu antusias untuk mengikuti kegiatan tersebut. Kedua yaitu Strategi Ta’lim atau strategi pendidikan. Strategi ini dilakukan oleh GP Ansor dengan mendatangi para remaja atau ikut serta dalam tongkrongan tersebut serta memberikan sedikit atau banyak tentang cerita mengenai kisah- kisah nabi dengan harapan para remaj dapat mengambil banyak pelajaran yang dapat diambil dari beberapa kisah nabi. 2) Terdapat beberapa faktor pendukung strategi dakwah yang dilakukan oleh GP Ansor yaitu para anggota GP Ansor senantiasa kompak menjalankan strategi yang mereka lakukan. Selain itu, rumah yang masih dalam lingkup satu Desa. Karena letak lokasi yang tidak terlalu jauh, maka ada rasa semngat tersendiri bagi GP Ansor dalam menjalankan strategi dakwah. Adapun faktor penghambatnya antara lain yaitu hampir semua anggota Ansor sudah berkeluarga. Kemudian faktor lain yaitu tempat yang dijadikan nongkrong dari remaja itu sendiri sering berpindah-pindah. Hal tersebut menjadi penghambat mengingat cara dakwah yang dilakukan oleh GP Ansor dengan cara mendekati para remaja tersebut di tempat dimana mereka biasanya nongkrong bersama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRochanah, RochanahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Dakwah, Gerakan Pemuda Ansor, Kenakalan Remaja
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Dakwah Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Manajemen Dakwah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 13 Oct 2023 08:36
Last Modified: 13 Oct 2023 08:36
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10984

Actions (login required)

View Item View Item