Tinjauan Kompilasi Hukum Islam Terhadap Kehidupan Poligami Pasca Pandemi (Studi Kasus di Desa Troso Kecamatan Pecangaan Kabupaten Jepara)

Rozaq, Muhammad Abdur (2023) Tinjauan Kompilasi Hukum Islam Terhadap Kehidupan Poligami Pasca Pandemi (Studi Kasus di Desa Troso Kecamatan Pecangaan Kabupaten Jepara). Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (276kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (271kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (402kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (451kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (345kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (386kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (280kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (301kB)

Abstract

Kompilasi Hukum Islam merupakan salah satu tujuan untuk menjaga dan meningkatkan kualitas pernikahan poligami. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui apa saja faktor yang menyebabkan poligami di Desa Troso. (2) Mengetahui bentuk kehidupan keluarga poligami pasca pandemi. (3) Tinjauan kehidupan poligami dalam Kompilasi Hukum Islam pasca pandemi. Tujuan penelitian ini, dalam penelitian menggunakan metode pendekatan kualitatif, yaitu menjelaskan hasil penelitian dengan kalimat-kalimat yang logis agar bisa dimengerti, mudah dipahami dan sesuai dengan kenyataan yang ada dilapangan. Sumber data yang diperoleh melalui data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan documentasi, kemudian dilakukan uji keabsahan data, dan tahap akhir teknik analisis data berupa reduksi data, display data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor penyebab poligami di Desa Troso adalah karena istri tidak bisa memiliki keturunan, istri tidak bisa memiliki anak laki-laki, istri divonis tidak bisa mengandung, tidak bisa menjalankan kewajibannya sebagai istri karena hal jarak yang jauh (anak tidak mau ditinggal dan tidak mau diajak). Bentuk kehidupan poligami pasca pandemi dalam keluarga poligami banyak penurunan dari segi keharmonisan ataupun ekonomi sebab dimasa pasca pandemi banyak pengangguran sebab tingkat penjualan industri kain tenun Troso belum bisa setabil seperti sebelum adanya pandemi, bahkan ada yang mengalami kebangkrutan hingga harta benda habis terjual untuk menghidupi kedua keluarganya. Dalam Kompilasi Hukum Islam poligami diperbolehkan menurut Agama dan menurut Negara dengan memenuhi salah satu syarat mendapat izin dari Pengadilan Agama. Dimasa pasca pandemi banyak praktek poligami dalam masyarakat telah menimbulkan problem sosial yang meluas, kasus pelanggaran hak-hak terhadap anak, serta terlantarnya istri dan anak-anaknya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNgazizah, Inna FauziatalUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pernikahan poligami, suami, istri
Subjects: Fiqih, Hukum Islam > Hukum Perkawinan (Munakahat)
Fiqih, Hukum Islam > Hukum Perkawinan (Munakahat) > Nikah
Fiqih, Hukum Islam > Hukum Perkawinan (Munakahat) > Nikah > Poligami
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 16 Oct 2023 01:35
Last Modified: 16 Oct 2023 01:35
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10986

Actions (login required)

View Item View Item