Strategi Pemberdayaan Masyarakat Islam Melalui Budidaya Kelapa Kopyor Pada Kelompok Tani Paradiso Desa Ngagel Kecamatan Dukuhseti Kabupaten Pati

Thoyyib, Ahmad Aslih Muzakki (2023) Strategi Pemberdayaan Masyarakat Islam Melalui Budidaya Kelapa Kopyor Pada Kelompok Tani Paradiso Desa Ngagel Kecamatan Dukuhseti Kabupaten Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover-Kata Pengantar.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (139kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pemberdayaan merupakan kunci untuk mewujudkan suatu masyarakat yang mandiri dan sejahtera. Salah satu pemberdayaan itu adalah pemberdayaan masyarakat Islam pada kelompok tani Paradiso Desa Ngagel Kecamatan Dukuhseti Kabupaten Pati. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui strategi pemberdayaan masyarakat Islam melalui budidaya kelapa kopyor pada Kelompok Tani Paradiso Kecamatan Dukuhseti Kabupaten Pati (2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat permberdayaan masyarakat melalui budidaya kelapa kopyor (3) untuk mengetahui peran pemerintah Desa Ngagel dalam memberdayakan Kelompok Tani Paradiso. Penelitian ini adalah penelitian (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif, dengan subjek penelitian yaitu masyarakat, kelompok tani, dan pemerintah Desa Ngagel Kecamatan Dukuhseti Kabupaten Pati. Dalam penyusunannya, penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data untuk mengetahui strategi pemberdayaan masyarakat Islam melalui budidaya kelapa kopyor dengan melakukan triangulasi, kemudian menginterpretasikannya ke dalam karya tulis. Sedangkan teknik analisis data memakai reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Penelitian ini berhasil memperoleh hasil temuan diantaranya: (1) stategi pemberdayaan masyarakat Islam yang dilakukan kelompok tani Paradiso ada tiga yaitu menanggulangi hama kumbang tanduk, pembibitan kelapa kopyor dan pemasaran kelapa kopyor. (2) faktor pendukung pemberdayaan masyarakat melalui budidaya kelapa kopyor yaitu keadaan alam, peran serta pemerintah desa dan antusias masyarakat. Sedangkan faktor penghambat pemberdayaan masyarakat melalui budidaya kelapa kopyor yaitu hama kumbang tanduk dan minimnya perawatan. (3) peran pemerintah Desa Ngagel dalam memberdayakan kelompok tani Paradiso yaitu menjadi perantara kelompok tani dengan instansi terkait dan memberikan bantuan gergaji mesin.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorBastomi, HasanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemberdayaan, Kelompok Tani, Kelapa Kopyor, Kesejahteraan Masyarakat
Subjects: Sosial dan Budaya Islam > Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 19 Oct 2023 02:03
Last Modified: 19 Oct 2023 02:03
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11027

Actions (login required)

View Item View Item