Pengaruh Kecerdasan Logis Matematis dan Kecerdasan Linguistik terhadap Kemampuan Numerasi Peserta Didik di MTs Manahijul Huda

Mariana, Shofiana (2023) Pengaruh Kecerdasan Logis Matematis dan Kecerdasan Linguistik terhadap Kemampuan Numerasi Peserta Didik di MTs Manahijul Huda. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (422kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (471kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (478kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (845kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (710kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (967kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (268kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (339kB)

Abstract

Kecerdasan logis matematis dan kecerdasan linguistik merupakan dua kecerdasan yang menjadi modal penting dalam menyelesaikan soal numerasi. Kecerdasan logis matematis berhubungan dengan kemampuan berhitung dan bernalar logis yang dibutuhkan dalam menyelesaikan soal numerasi. Sementara kecerdasan linguistik berhubungan dengan kemampuan bahasa dan kata-kata termasuk membaca kata-kata data kuantitatif dalam berbagai bentuk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kecerdasan logis matematis terhadap kemampuan numerasi peserta didik, ada tidaknya pengaruh kecerdasan linguistik terhadap kemampuan numerasi peserta didik, dan ada tidaknya pengaruh kecerdasan logis matematis dan kecerdasan linguistik terhadap kemampuan numerasi peserta didik. Jenis penelitian ini menggunakan studi lapangan dengan pendekatan kuantitatif bertipe ex pose facto. Penelitian dilaksanakan di MTs Manahijul Huda kelas VIII dengan sampel sebanyak 31 orang. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini, peneliti menggunakan instrumen tes kecerdasan logis matematis dan tes kemampuan numerasi, serta angket kecerdasan linguistik. Adapun untuk menganalisis datanya menggunakan regresi linier sederhana dan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Kecerdasan logis matematis memiliki hubungan yang kuat (R_xy=0,742) dan memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kemampuan numerasi peserta didik sebesar 55,01%, 2) Kecerdasan linguistik memiliki hubungan yang kuat (R_xy=0,659) dan memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kemampuan numerasi peserta didik sebesar 43,44%, 3) Kecerdasan logis matematis dan kecerdasan linguistik memiliki hubungan yang kuat (R_(y.12)=0,784) dan memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kemampuan numerasi peserta didik sebesar 61,64% baik secara parsial dan simultan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFakhriyana, DinaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Logis Matematis, Kecerdasan Linguistik, Kemampuan Numerasi
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar > Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 20 Oct 2023 07:06
Last Modified: 20 Oct 2023 07:06
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11036

Actions (login required)

View Item View Item