Penguatan Aqidah Islam Santri Melalui Kajian Kitab Kifayatul Awam Ihya Ulumuddin dan Al-Majalisus Saniyah di Ponpes Zainal Husain Kudus

Multazam, Irham (2023) Penguatan Aqidah Islam Santri Melalui Kajian Kitab Kifayatul Awam Ihya Ulumuddin dan Al-Majalisus Saniyah di Ponpes Zainal Husain Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (203kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (147kB)
[img] Text
4. Bab I.pdf

Download (291kB)
[img] Text
5. Bab II.pdf

Download (540kB)
[img] Text
6. Bab III.pdf

Download (260kB)
[img] Text
7. Bab IV.pdf

Download (616kB)
[img] Text
8. Bab V.pdf

Download (211kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (289kB)

Abstract

Fenomena yang sering muncul di negara yang mayoritas masyarakat menganut agama Islam, ialah perbedaan tentang aqidah yang dianut. Ilmu pengetahuan dan teknologi lalu budaya modern dengan mudah mempengaruhi masyarakat sehingga pola pikir, moral, dan aqidah melenceng. Pondok Pesantren Zainal Husain Kudus, turut andil dalam proses penyebaran aqidah Islam Ahlissunnah wal Jama’ah. Dengan metode membina dan mendidik pondok pesantren Zainal Husain Kudus mencoba menegakkan cita-cita agama Islam yang murni dengan maksud dan tujuan agar umat Islam mampu berbuat baik demi tercapainya cita-cita agama dan bangsa. Terutama terhadap munculnya faham radikalisme. Dalam proses penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif lapangan dengan datang langsung ke pondok pesantren Zainal Husain Kudus. Dalam teknik pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Fokus penelitian ini adalah penguatan aqidah Islam melalui kajian Kitab Kifayatul Awam Ihya Ulumuddin dan Al-Majalisus Saniyah di pondok pesantren Zainal Husain Kudus khususnya mengenai kontribusi kajian kitab pada penguatan aqidah santri. Sedangkan tujuan penelitian ini mendeskripsikan penguatan dan kontribusi kajian kitab Kifayatul Awam Ihya Ulumuddin dan Al-Majalisus Saniyah di pondok pesantren Zainal Husain Kudus. Adapun hasil dari penelitian Penguatan Aqidah Islam Santri melalui kajian kitab Kifayatul Awam Ihya Ulumuddin dan Al-Majalisus Saniyah di Ponpes Zainal Husain Kudus. Pertama, penguatan aqidah Islam santri lewat kajian kitab yang dilaksanakan di musholla pondok pesantren dilaksanakan 3 kali seminggu menggunakan 3 rujukan kitab yaitu Kifayatul Awam Ihya Ulumuddin dan Al-Majalisus Saniyah. Kedua, kontribusi dan dampak dari kajian kitab Kifayatul Awam Ihya Ulumuddin dan Al-Majalisus Saniyah dalam penguatan aqidah Islam santri di pondok pesantren Zainal Husain Kudus yaitu: 1) Santri lebih memahami cara penggunaan dan penempatan akal dalam menafsirkan teks Al-Qur’an maupun Hadits, 2) santri menyadari bahwa perbedaan dalam agama tidak hanya perihal fiqih dan aqidah namun lebih mendasar lagi yaitu dari metode berpikirnya serta santri mengetahui bahwa aqidah yang benar-benar lurus dan memiliki sanad ialah aqidah yang berasaskan Ahlissunnah wal Jama’ah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMuhtador, Moh.UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Aqidah, Epistemologi, Kajian Kitab, Penguatan Aqidah
Subjects: Aqaid dan Ilmu Kalam
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Akidah dan Filsafat Islam
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Oct 2023 02:39
Last Modified: 21 Oct 2023 02:39
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11054

Actions (login required)

View Item View Item