Pengembangan Media Pembelajaran Flip Chart Berbasis Contextual Teaching And Learning Pada Materi Tumbuhan Kelas X MA NU Ibtidaul Falah

Sugiyaningrum, Yenny Putri (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Flip Chart Berbasis Contextual Teaching And Learning Pada Materi Tumbuhan Kelas X MA NU Ibtidaul Falah. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
cover-kata pengantar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (220kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (334kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (493kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (939kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (438kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (292kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (359kB)

Abstract

Materi Tumbuhan merupakan salah satu materi pada mata pelajaran Biologi yang membutuhkan visualisasi atau gambar dalam menunjang informasi yang akan disampaikan, namun sumber belajar yang digunakan hanya didukung oleh LKS dan buku paket. Siswa seringkali merasa bosan dan kurang bersemangat dalam pembelajaran. Selain itu guru membutuhkan media pembelajaran yang efektif dalam membantu proses pembelajaran yang berlangsung. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran flip chart berbasis contextual teaching and learning pada materi tumbuhan kelas X MA NU Ibtidaul Falah. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan dengan model PPE yang dikembangkan oleh Richey dan Klein. Terdapat 3 tahapan dalam pengembangan media pembelajaran flip chart berbasis contextual teaching and learning yaitu tahap preparation (persiapan), Production (produksi), dan evaluation (evaluasi). Produk pada penelitian ini dilakukan uji validasi kelayakan oleh ahli materi dan ahli media yang selanjutnya dilakukan uji coba kelayakan di MA NU Ibtidaul Falah dengan subyek penelitian yaitu guru dan siswa kelas XI MIPA 2 berjumlah 15 siswa. Data yang didapat dianalisis dan mendapat skor presentase ahli materi sebesar 82,5% sehingga termasuk dalam kategori baik. Hasil validasi oleh ahli media mendapat persentase nilai rata-rata sebesar 97% sehingga masuk dalam kategori sangat baik. Hasil uji coba yang dilakukan kepada guru biologi mendapat persentase nilai rata-rata sebesar 87% dan hasil uji coba terhadap siswa mendapat persentase nilai rata-rata sebesar 88,7% sehingga termasuk ke dalam kategori sangat layak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMelisa, Atika OktaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Flip Chart, Contextual Teaching And Learning
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Biologi
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Oct 2023 03:14
Last Modified: 21 Oct 2023 03:14
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11070

Actions (login required)

View Item View Item