Kenakalan Remaja Di Kalangan Pelajar dan Hubungannya Dengan Faktor Lingkungan, Pergaulan dan Motif Ekonomi di Kecamatan Tahunan Jepara

Ummah, Endah Fadhilatul (2023) Kenakalan Remaja Di Kalangan Pelajar dan Hubungannya Dengan Faktor Lingkungan, Pergaulan dan Motif Ekonomi di Kecamatan Tahunan Jepara. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (143kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (163kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (262kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (341kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (254kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (516kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (150kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (232kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena banyaknya kenakalan remaja terutama dikalangan pelajar yang ada di Kecamatan Tahunan Jepara. Untuk itu penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui bentuk kenakalan remaja yang ada di Kecamatan Tahunan Jepara, 2) Untuk mengetahui keterkaitan antara kenakalan remaja dengan faktor lingkungan, 3) Untuk mengetahui keterkaitan antara kenakalan remaja dengan pergaulan dan 4) Untuk mengetahui keterkaitan antara kenakalan remaja dengan motif ekonomi. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui pendekatan fenomenologi. Metode fenomenologi mengkaji tentang fenomena atau pengalaman yang didasari oleh kesadaran dari pelaku kenakalan yang terjadi di masyarakat. Subjek penelitian ini sebanyak 9 pelaku kenakalan dan 8 narasumber data pendukung tindakan kenakalan. Data dikumpulkan melalui wawancara kepada narasumber yang bersangkutan, observasi yang dilakukan oleh peneliti dan dokumentasi. Setting penelitian dilakukan secara acak di beberapa tempat nongkrong dan sekolah yang berada di Kecamatan Tahunan Jepara. Setelah data-data terkumpul, kemudian dianalisis dengan teknik triangulasi data dengan membandingkan data hasil pengamatan dari berbagai pihak yang terlibat, seperti membandingkan hasil wawancara dengan dokumen pelengkap dalam penelitian. Penelitian ini berhasil menemukan 4 temuan, yaitu; 1) Adanya bentuk-bentuk kenakalan remaja dari kenakalan biasa, kenakalan yang menjurus pada pelanggaran hingga kenakalan khusus, 2) Adanya keterkaitan antara faktor lingkungan dengan kenakalan remaja, baik lingkungan keluarga maupun masyarakat, 3) Faktor pergaulan teman sebaya juga memiliki keterkaitan pada perilaku remaja dalam melakukan kenakalan, baik dari teman sekolah maupun teman rumah dan 4) Motif ekonomi memiliki keterkaitan dengan kenakalan remaja, terkhusus kenakalan tertentu yang berasal dari faktor ekonomi keluarga sehingga memaksa para remaja untuk melakukan kenakalan. Dari 3 faktor penyebab kenakalan ini tentunya saling memiliki hubungan, namun mempunyai penyebab yang mendominasi sesuai dengan kenakalan pada anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAkbar, Rofiq FaudyUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kenakalan Remaja, Faktor Lingkungan, Pergaulan dan Motif Ekonomi
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 360 Permasalahan Sosial dan Layan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Oct 2023 04:01
Last Modified: 21 Oct 2023 04:01
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11100

Actions (login required)

View Item View Item