Implementasi Metode Bercerita Dalam Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini di RA Minhajul Ulum Rejoagung Trangkil Pati Tahun Pelajaran 2022/2023

Pramesti, Syifanitha Fioreima (2023) Implementasi Metode Bercerita Dalam Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini di RA Minhajul Ulum Rejoagung Trangkil Pati Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (839kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (262kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (230kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (441kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (413kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (328kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (366kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (275kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (343kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) perencanaan implementasi metode bercerita di RA Minhajul Ulum Rejoagung Trangkil Pati pada tahun pelajaran 2022/2023, 2),pelaksanaan implementasi metode bercerita di RA Minhajul Ulum Rejoagung Trangkil Pati pada tahun pelajaran 2022/2023, 3) hasil dan perkembangan kemampuan berbahasa pada anak setelah pelaksanaan implementasi metode bercerita di RA Minhajul Ulum Rejoagung Trangkil Pati pada tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research). Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara kepada kepala RA, guru , dan anak-anak di RA Minhajul Ulum dan melalui dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan cara reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan: Implementasi Metode Bercerita Dalam Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini di RA Minhajul Ulum Rejoagung Trangkil Pati Tahun Pelajaran 2022/2023.Pertama,yaitu pertama guru membuat RPPH, kedua mempersiapkan tema pembelajaran,dan yang ketiga ialah mempersiapkan media pembelajaran.Adapun beberapa tahapan meliputi: Sebelum masuk ke dalam kelas anak-anak berbaris lebih dahulu di halaman atau di depan kelas. Setelah itu anak masuk kelas dengan salim kepada guru kelas, lalu berdo’a sebelum belajar, dan pembiasaan membaca Asma’ul Husna. Setelah membaca do’a sebelum belajar dan Asma’ul Husna, guru mengucapkan salam, dan tak lupa guru melakukan absen kehadiran anak. Pada kegiatan inti pembelajaran, guru menjelaskan rangkaian aktivitas pada hari itu, menjelaskan tema subtema, dan tujuan pembelajaran. Lalu guru memulai pembelajaran implementasi metode bercerita dengan menggunakan bermacam-macam media. Setelah itu anak secara bergantian menceritakan kembali cerita yang telah didengar dengan menggunakan bahasanya sendiri. Adapun setelah diterapkannya Metode Bercerita dalam Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini di RA Minhajul Ulum Rejoagung Trangkil Pati dapat dikatakan membuahkan hasil yang memuaskan. Keberhasilan ini dapat dilihat dari meningkatnya kemampuan anak dalam berbahasa dan sudah memenuhi indikator kemampuan yaitu memahami dan menunjukkan kemampuan berbahasa reseptif, memahami dan menunjukkan kemampuan berbahasa ekspresif, mengenal keaksaraan dan menunjukkan kemampuan keaksaraan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKhafidin, ZaenalUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Bercerita, Kemampuan Berbahasa, Anak Usia Dini
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar > Sekolah Dasar (SD, TK, Play Group)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Oct 2023 04:20
Last Modified: 21 Oct 2023 04:20
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11114

Actions (login required)

View Item View Item