Analisis Dampak Pengembangan Desa Wisata Terhadap Perekonomian Masyarakat Lokal (Studi Kasus Pada Desa Wisata Rahtawu Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus)

Auliya, Rita (2023) Analisis Dampak Pengembangan Desa Wisata Terhadap Perekonomian Masyarakat Lokal (Studi Kasus Pada Desa Wisata Rahtawu Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus). Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01. Cover - Kata Pengantar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. Abstrak.pdf

Download (211kB)
[img] Text
03. Daftar isi.pdf

Download (350kB)
[img] Text
04. Bab 1.pdf

Download (361kB)
[img] Text
05. Bab 2.pdf

Download (471kB)
[img] Text
06. Bab 3.pdf

Download (334kB)
[img] Text
07. Bab 4.pdf

Download (485kB)
[img] Text
08. Bab 5.pdf

Download (216kB)
[img] Text
09. Daftar Pustaka.pdf

Download (292kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat, mengetahui, dan menganalisis dampak dari pengembangan desa wisata terhadap perekonomian masyarakat desa wisata Rahtawu Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus yang mengarah pada model dan program pengembangan Desa Wisata Rahtawu, dampak ekonomi terhadap masyarakat lokal serta pandangan ekonomi islam terhadap pengembangan Desa Wisata Rahtawu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yaitu metode penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah, di mana peneliti adalah sebagai instrumen kunci, tekhnik pengumpulan data dilakukan secara triangulasi, analisis data bersifat induktif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisasi. Subjek penelitian ini adalah masyarakat Desa Rahtawu Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus. Instrumen pengumpulan data berupa wawancara dengan narasumber. Hasil penelitian adalah : (1) Model wisata Desa Wisata Rahtawu adalah model wisata alam dan tradisional dengan kearifan lokal adat istiadat kebudayaan jawa khususnya jawa tengah, sedangkan program pengembangan Desa Wisata Rahtawu yaitu berupa pemberdayaan terhadap pendampingan potensi-potensi alam Desa Rahtawu berupa kopi dan pengembangan UMKM produk lokal Desa Rahtawu; (2) Hasil pengembangan Desa Rahtawu menjadi Desa Wisata Rahtawu memberikan dampak positif yakni ekonomi masyarakat meningkat walau belum signifikan, menambah lapangan pekerjaan, serta menjadikan masyarakat lebih kreatif dalam usaha perdagangan; (3) Pandangan ekonomi islam mengenai pengembangan pariwisata di Desa Rahtawu jika dilihat dari karakterisitik dan aspek-aspek pariwisata syariah belum sepenuhnya sesuai akan tetapi jika dilihat dari fatwa DSN-MUI sudah sesuai dengan prinsip umum penyelenggaraan pariwisata syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorJalil, AbdulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Pariwisata, Desa Wisata, Dampak Ekonomi
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 330 Ekonomi, Perekonomian
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Oct 2023 04:29
Last Modified: 21 Oct 2023 04:29
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11120

Actions (login required)

View Item View Item