Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Agrowisata Yutaka Farm (Studi Kasus Desa Pasucen Kecamatan Trangkil Kabupatn Pati)

Saadah, Ayu Rachma Hidayatus (2023) Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Agrowisata Yutaka Farm (Studi Kasus Desa Pasucen Kecamatan Trangkil Kabupatn Pati). Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. Cover-Kata Pengantar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (204kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (3MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian dengan judul “Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat melalui Agrowisata Yutaka Farm (Studi Kasus Desa Pasucen Kecamatan Trangkil Kabupaten Pati)” ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bentuk keadaan ekonomi masyarakat Desa Pasucen (2) Proses atau bentuk pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui Agrowisata Yutaka Farm (3) Faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui Agrowisata Yutaka Farm. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan penelitian kualitatif menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan beberapa informan yang memiliki keterkaitan dalam penelitian yang diteliti, diantaranya: Kepala Desa Pasucen, pengelola agrowisata, karyawan agrowisata, dan masyarakat yang ikut serta bergabung dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui Agrowisata Yutaka Farm di Desa Pasucen. Selanjutnya dianalisis dengan teknik Miles dan Huberman melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan yaitu: Pertama, keadaan ekonomi masyarakat di Desa Pasucen yang sebelumnya masyarakat tergolong dalam masyarakat menengah kebawah setelah adanya pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui Agrowisata Yutaka Farm perekonomiannya menjadi lebih baik. Kedua, proses atau bentuk yang dilakukan dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui Agrowisata Yutaka Farm di Desa Pasucen, antara lain: pemetaan, sosialisasi, pelatihan, implementasi, dan evaluasi. Ketiga, untuk faktor pendukung dari proses ini adalah adanya pengembangan destinasi wisata, dukungan dari masyarakat, sarana promosi, sistem kekeluargaan, rasa semangat, dan saling kerjasama. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu letak lokasi yang kurang strategis, dan kurangnya pengetahuan serta keterbatasan sumber daya manusia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorBastomi, HasanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Masyarakat, Ekonomi, Agrowisata
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 330 Ekonomi, Perekonomian
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Oct 2023 04:32
Last Modified: 21 Oct 2023 04:32
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11123

Actions (login required)

View Item View Item