Upaya Meningkatkan Kesadaran Masyarakat terhadap Pentingnya Tabungan Emas sebagai Alat Investasi Anti Inflasi (Studi Kasus Pegadaian Syariah Cabang Pasar Ngabul)

Aini, Muslikhatul (2023) Upaya Meningkatkan Kesadaran Masyarakat terhadap Pentingnya Tabungan Emas sebagai Alat Investasi Anti Inflasi (Studi Kasus Pegadaian Syariah Cabang Pasar Ngabul). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (265kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (275kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (478kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (678kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (294kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (779kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (353kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (483kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang kesadaran masyarakat dalam berinvestasi melalui produk tabungan emas di Pegadaian Syariah Cabang Pasar Ngabul yang diklaim tahan terhadap inflasi. Produk tabungan emas adalah layanan penjualan dan pembelian emas dengan fasilitas titipan yang dirilis pada tahun 2017 oleh pegadaian syariah. Tujuan dari penelitian ini adalah: Pertama, untuk mengetahui bagaimana pola dan konsep investasi tabungan emas sehingga diklaim tahan terhadap inflasi. Kedua, untuk mengetahui apa saja keunggulan dan kekurangan dari produk tabungan emas di Pegadaian Syariah Cabang Pasar Ngabul. Ketiga, untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh Pegadaian Syariah Cabang Pasar Ngabul dalam meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya penggunaan tabungan emas sebagai alat investasi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian berupa data primer yang diperoleh melalui kegiatan observasi, wawancara dan dokumentasi terhadap Karyawan dan Nasabah di Pegadaian Syariah Cabang Pasar Ngabul. Kemudian data diuji keabsahannya melalui triangulasi sumber, teknik dan waktu. Setelah data terkumpul, data dianalisa dengan mereduksi data, penyajian dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pola investasinya berbeda dengan investasi pada umumnya, yaitu berupa setoran uang yang dikonversikan ke dalam bentuk gram emas. Produk tabungan emas mengimplementasikan akad murabahah dan wadiah. 2) Kelebihan investasi tabungan emas yaitu caranya mudah, murah, fleksibel, tahan terhadap inflasi, minim risiko, dapat dijadikan sebagai simpanan untuk masa depan, dan dapat meminimalisir adanya tindak kejahatan seperti pencurian dan perampokan. Sedangkan kekurangannyaa yaitu merupakan jenis investasi berjangka panjang sehingga untuk memperoleh keuntungan yang besar diperlukan waktu yang cukup lama, kurva keuntungan landai, tidak dapat melakukan improvisasi, terdapat batasan nominal untuk setor tabungan dan belum ada fasilitas ATM. 3) Kesadaran masyarakat terhadap pentingnya investasi melalui produk tabungan emas di Pegadaian Syariah Cabang Pasar Ngabul terbilang rendah dan belum melek investasi. Adapun upaya yang dilakukan oleh Pegadaian Syariah Cabang Pasar Ngabul untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya investasi tabungan emas yaitu dengan cara melakukan promosi baik secara langsung, canvasing, maupun melalui kegiatan literasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMuhaimin, MuhaiminUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDRumanto, AgepUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kesadaran, Investasi, Inflasi, Tabungan Emas
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 330 Ekonomi, Perekonomian
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 330 Ekonomi, Perekonomian > Ekonomi Keuangan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 330 Ekonomi, Perekonomian > Ekonomi Keuangan > Investasi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Oct 2023 04:38
Last Modified: 21 Oct 2023 04:38
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11125

Actions (login required)

View Item View Item