IMPLEMENTASI HADIS-HADIS TENTANG PERNIKAHAN DALAM AJARAN RIFA'IYAH (Kajian Living Hadis Di Pondok Miftahul Ulum Yahyawiyyah)

Rifki, Fakhrur (2023) IMPLEMENTASI HADIS-HADIS TENTANG PERNIKAHAN DALAM AJARAN RIFA'IYAH (Kajian Living Hadis Di Pondok Miftahul Ulum Yahyawiyyah). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (401kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (271kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (598kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (986kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (390kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (430kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (396kB)

Abstract

Perkawinan merupakan ikatan lahir batin antara seorang pria dengan seorang wanita sebagai suami istri dengan tujuan membentuk keluarga (rumah tangga) yang bahagia dan kekal berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa. Pernikahan dilaksanakan bertujuan untuk menjaga kehormatan diri (Hifz al-‘irdh) untuk mencegah seseorang dari suatu perbuatan yang dilarang oleh agama serta menjaga keberlangsungan hidup atau keturunan mereka (Hifz an-nasl) yang baik serta membangun kehidupan berkeluarga yang penuh ketentraman. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Kajian Living Hadis digunakan untuk mengetahui pemahaman hadis di kalangan penganut ajaran Rifa’iyah di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Yahyawiyyah. Lokasi penelitian berada di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Yahyawiyyah Talun. Data primer diperoleh melalui wawancara dan dianalisis dengan ayat al Quran dan Hadis yang sesuai dengan konteks penelitian sedangkan data skunder diperoleh dari buku, jurnal, skripsi yang berkaitan dengan penelitian. Hasil penelitian ini yaitu sebagai berikut : Pertama, Pemahaman hadis-hadis dalam kitab Tabyinul Ishlah tentang pernikahan dalam ajaran rifa’iyah di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Yahyawiyyah adalah sebegai penjelas dan sebagai penguat dari hadist tentang kriteria pemilihan calon istri. Selain itu juga sebagai media tolak-ukur dalam memilih pasangan hidup. Kedua, Implementasi dari hadis pernikahan yang dilakukan oleh kalangan penganut ajaran rifai’yah pada pondok pesantren Miftahul Ulum Yahyawiyyah sebagai suatu perintah untuk selektif dalam memilih calon pasangan. Kemudian sebagai penguat dan penjelas dari hadis tentang memilih calon istri. Selanjutnya sebagai rujukan dalam pelaksanaan perkawinan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFarida, UmmaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi Hadis Pernikahan, Ajaran Rifa’iyah, Living Hadis.
Subjects: Hadits dan Ilmu yang berkaitan > Kumpulan Hadits menurut bidang tertentu
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Hadis
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Oct 2023 04:38
Last Modified: 21 Oct 2023 04:38
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11127

Actions (login required)

View Item View Item