Analisis Manajemen Dakwah Berbasis Digital dalam Ruang Siber (Cyberspace) pada Yayasan Halaqah Silsilah Ilmiyyah (HSI) AbdullahRoy

Assa’id, Muhammad Noor ‘Adn (2023) Analisis Manajemen Dakwah Berbasis Digital dalam Ruang Siber (Cyberspace) pada Yayasan Halaqah Silsilah Ilmiyyah (HSI) AbdullahRoy. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1-COVER-PENGANTAR.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2-ABSTRAK.pdf

Download (306kB)
[img] Text
3-DAFTAR-ISI.pdf

Download (371kB)
[img] Text
4-BAB-I.pdf

Download (420kB)
[img] Text
5-BAB-II.pdf

Download (690kB)
[img] Text
6-BAB-III.pdf

Download (343kB)
[img] Text
7-BAB-IV.pdf

Download (7MB)
[img] Text
8-BAB-V.pdf

Download (350kB)
[img] Text
9-DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (347kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen dakwah berbasis digital dalam ruang siber (cyberspace) pada Yayasan Halaqah Silsilah Ilmiyyah (HSI) AbdullahRoy dan menemukan kendala yang dihadapi beserta solusinya dalam pengelolaan manajemen dakwah berbasis digital pada Yayasan HSI AbdullahRoy. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi sumber data primer dan sekunder. Adapun sumber data primer diambil dari data-data terkait manajemen dakwah yang digunakan oleh Yayasan HSI AbdullahRoy. Sedangkan sumber data sekunder diperoleh dari media, ataupun literatur yang berkaitan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi, dokumentasi, serta wawancara yang semuanya dilakukan secara online. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ditemukan bahwa Yayasan HSI AbdullahRoy dalam melakukan manajemen dakwah berbasis digital dalam cyberspace melibatkan berbagai pihak dan berbagai sumber daya dalam menjalankan pengelolaan dakwah. Yayasan HSI AbdullahRoy telah mengimplementasi prinsip-prinsip manajemen dakwah yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, serta pemantauan. Yayasan HSI AbdullahRoy melakukan dakwah melalui berbagai program dan divisi, diantaranya seperti HSI KBM, HSI Media, HSI QITA, HSI Peduli, serta HSI Sandbox. Adapun beberapa platform digital yang digunakan terdapat media-media sosial seperti Facebook, Instagram, YouTube, Zoom Meeting, Notion, Wordpress, serta Google Workspaces. Secara umum kendala yang ada dapat terbagi menjadi dua, yaitu kendala dan solusi yang berkaitan dengan manusia (human-related issues), dan yang berkaitan dengan sistem IT (system-related issues) yang memiliki solusi penanganan yang beragam sesuai dengan jenis kendala.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYasfin, Moh. AnwarUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: HSI AbdullahRoy, Pembelajaran Online, Manajemen Dakwah, Dakwah Digital, Cyberspace, Cyberdakwah
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Dakwah Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Manajemen Dakwah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Oct 2023 06:55
Last Modified: 21 Oct 2023 06:55
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11154

Actions (login required)

View Item View Item