Eksplorasi Etnomatematika dan Analisis Aktivitas Fundamental Matematis pada Proses Pembuatan Jenang Kudus

Masduki, Putri Nabila (2023) Eksplorasi Etnomatematika dan Analisis Aktivitas Fundamental Matematis pada Proses Pembuatan Jenang Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01. Cover - Kata Pengantar.pdf

Download (966kB)
[img] Text
02. Abstrak.pdf

Download (248kB)
[img] Text
03. Daftar isi.pdf

Download (363kB)
[img] Text
04. Bab 1.pdf

Download (557kB)
[img] Text
05. Bab 2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
06. Bab 3.pdf

Download (390kB)
[img] Text
07. Bab 4.pdf

Download (2MB)
[img] Text
08. Bab 5.pdf

Download (221kB)
[img] Text
09. Daftar Pustaka.pdf

Download (356kB)

Abstract

Selama ini, pelajaran matematika dianggap sulit oleh kebanyakan orang karena identik dengan berhitung dan memiliki banyak rumus. Konsep matematika memerlukan analisis yang lebih dibanding ilmu lain. Analisis tersebut dilakukan berdasarkan objek matematika yang berbentuk abstrak. Sehingga peserta didik kurang mampu mengkonstruksi dan memahami konsep matematis dalam aktivitas riil. Etnomatematika menjadi salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk membuat inovasi pembelajaran matematika yang mengaitkan matematika dalam aktivitas budaya sehari-hari. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui aktivitas fundamental matematis dan konsep-konsep matematis yang ada pada proses pembuatan jenang Kudus. Subjek penelitian ini adalah tiga narasumber dari tiga tempat usaha jenang yang ada di Kudus. Adapun teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan instrumen penelitian meliputi pedoman wawancara, pedoman observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat aktivitas fundamental matematis dan konsep matematis pada proses pembuatan jenang Kudus. Pertama, pada analisis aktivitas fundamental matematis menurut Bishop ditemukan aktivitas counting, measuring, playing, dan designing. Kedua, ditemukan konsep matematis yang diterapkan di dalamnya berupa konsep perbandingan, konsep konversi, konsep pecahan, dan konsep perhitungan secara pencacahan serta konsep aljabar, program linier, dan aritmatika. Konsep kombinasi, konsep himpunan, konsep bangun datar dan bangun ruang, konsep translasi, dan konsep rotasi juga dapat ditemukan pada proses pembuatan jenang Kudus. Dengan demikian hasil kajian etnomatematika yang ditemukan dapat digunakan sebagai media pembelajaran kontekstual dengan berbagai model pendekatan dalam membantu memfasilitasi peserta didik sehingga mampu mengkonstruksi dan memahami konsep materi matematika yang abstrak dalam aktivitas riil.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMelasari, Putri NurUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Etnomatematika, Aktivitas Fundamental Matematis, Jenang Kudus, Proses Pembuatan Jenang Kudus
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 330 Ekonomi, Perekonomian > Wirausaha
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Oct 2023 07:05
Last Modified: 21 Oct 2023 07:05
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11158

Actions (login required)

View Item View Item