Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan Ikrar Bermain di TKIT Al-Ma’un Sowan Lor Kedung Jepara

Fauziyah, Nurul Husni (2023) Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan Ikrar Bermain di TKIT Al-Ma’un Sowan Lor Kedung Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (387kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (344kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (691kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (532kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (442kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (699kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (363kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (413kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis tentang : (1) Pendidikan karakter anak usia dini, (2) Implementasi pembiasaan ikrar bermain di TK IT Al-Ma’un, (3) Faktor Pendukung implementasi pendidikan karakter melalui pembiasaan ikrar bermain di TK IT Al-Ma’un, (4) Faktor penghambat implementasi pendidikan karakter melalui pembiasaan ikrar bermain di TK IT Al-Ma’un. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dilakukan penggalian data terkait fakta-fakta yang terjadi di lapangan dan peneliti sebagai instrumen kuncinya mengamati, memahami, dan mempelajari sesuatu dengan cara mencatat serta bertanya untuk menggali sumber informasi. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian data tersebut dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Objek keabsahan data menggunakan perpanjangan triangulasi yaitu triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Setelah data-data terkumpul, hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Konsep Pendidikan karakter di TKIT Al-Ma’un dengan cara menenamkan nilai-nilai karakter sesuai dengan visinya yaitu menjadikan anak yang berkualitas dalam mewujudkan generasi islam yang qurani dan berakhlak mulia. (2) Implementasi pembiasaan ikrar bermain di TKIT Al-Ma’un pelaksanaan pendidikan karakter di TKIT Al-Ma’un diterapkan pada Kegiatan rutin, Kegiatan Terprogram, Kegiatan dan Kegiatan Spontan . (3)Faktor pendukung implementasi pendidikan karakter melalui pembiasaan ikrar bermain di TKIT Al-Ma’un, yaitu Guru yang siap mengajar dan mendampingi saat bermain dan belajar, media dan metode yang digunakan, dan lingkungan sekolah yang baik (4) Faktor penghambat implementasi pendidikan karakter melalui pembiasaan ikrar bermain di TKIT Al-Ma’un, yaitu kurangnya kerjasama orangtua dalam menerapkan pendidikan karakter dirumah, melihat padatnya jadwal dan merangkap guru menjadi staff, perlu adanya SDM lagi supaya jadwal berjalan dengan lancar da nada pengawasan lebih terhadap anak, di sarankan mengadakan perkumpulan seluruh orang tua di sekolah untuk mensosialisasikan bagaimana pendidikan karakter yang baik untuk keluarga dan mensosialisasikan program-program yang terdapat di sekolah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFatah, AhmadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendidikan karakter, Pembiasaan, Ikrar bermain
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.1 Filsafat dan Teori Pendidikan > 370.114 Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Oct 2023 07:10
Last Modified: 21 Oct 2023 07:10
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11159

Actions (login required)

View Item View Item