Implementasi Kegiatan Syawir Dalam Program Takhassus An-Nasyri Untuk Mengembangkan Public speaking di Pondok Pesantren Darul Falah 3 Putri Kauman Jekulo Kudus

sa’diyah, Hakimatus (2023) Implementasi Kegiatan Syawir Dalam Program Takhassus An-Nasyri Untuk Mengembangkan Public speaking di Pondok Pesantren Darul Falah 3 Putri Kauman Jekulo Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (270kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (172kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (317kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (507kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (290kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (579kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (227kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (281kB)

Abstract

Kemampuan public speaking sangatlah dibutuhkan oleh setiap manusia. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana konsep dan pelaksanaan kegiatan syawir, bagaimana perkembangan public speaking santri, serta faktor pendukung dan penghambat pada kegiatan syawir di Pondok Pesantren Darul Falah 3 Putri. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Untuk memperoleh data, peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Setelah data-data terkumpul, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) konsep kegiatan syawir di Pondok Pesantren Darul Falah 3 Putri Kauman Jekulo Kudus memiliki beberapa tahapan. Pertama, perencanaan yang meliputi tujuan, manfaat, materi syawir yang diambilkan dari kitab serta yang bertugas memimpin jalannya syawir diambilkan dengan cara undian kertas. Kedua, kegiatan syawir di Pondok Pesantren Darul Falah 3 Putri dilaksanakan di 3 ruang, yaitu ruang darul mubarok untuk kelas 6, ruang an-nur untuk kelas 3 dan 4, dan ruang al-ikhlas untuk kelas 5. Waktu pelaksanaannya pukul 23.00 WIB, untuk harinya bagi kelas 3, 4, dan 5 pada malam selasa, sedangkan kelas 6 dilaksanakan setiap hari kecuali hari jum’at libur. Pada kegiatan syawir meliputi maknani kitab, menerjemahkan, dan menjelaskan isi kandungan materi yang terdapat dalam kitab serta sesi tanya jawab. Santri dituntut agar mampu menyebarkan risalah agama dengan benar yang pastinya butuh kemampuan berbicara yang baik agar dapat memberikan kemanfaatan. Ketiga, evaluasi kegiatan syawir meliputi kritik dan saran dari santri lain yang tidak bertugas atau pembimbing yang memantau jalannya syawir. (2) perkembangan public speaking di Pondok Pesantren Darul Falah 3 Putri sudah begitu baik, mampu membentuk mental santri agar lebih berani tampil di khalayak ramai. (3) Faktor Pendukung kegiatan syawir di Pondok Pesantren Darul Falah 3 Putri Kauman Jekulo Kudus terdapat faktor internal dan eksternal: faktor internal yaitu diri sendiri, sedangkan faktro eksternal diantaranya dari lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat. Kemudian faktor penghambatnya yaitu dari santri, sarana, dan prasarana. Diantaranya santri yang kurang disiplin, santri yang kurang bertanggung jawab atas tugasnya, waktu yang rentang untuk mengantuk. Dari sarana dan prasarana yaitu kurangnya pembimbing, ruangan, meja dan kamus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMujab, SaifulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Syawir, Public speaking
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Inggris (BI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Oct 2023 07:46
Last Modified: 21 Oct 2023 07:46
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11164

Actions (login required)

View Item View Item