Hidayah, Anisatul (2017) IMPLEMENTASI PENDEKATAN INDIVIDUAL DALAM PENGEMBANGAN PERSEPSI DIRI DAN KONSEP DIRI SISWA DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MA NU IBTIDAUL FALAH DAWE KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.
Text
1.COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (374kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (448kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (440kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (607kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (628kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (535kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (456kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (479kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran Aqidah Akhlak kelas XI IPA 2 di MA NU Ibtidaul Falah Dawe Kudus tahun pelajaran 2016/2017, 2) Untuk menganalisis implementasi pendekatan individual dalam pengembangan persepsi diri dan konsep diri siswa kelas XI IPA 2 dalam pembelajaran Aqidah Akhlak di MA NU Ibtidaul Falah Dawe Kudus tahun pelajaran 2016/2017, 3) Untuk menganalisis faktor penghambat dan pendukung implementasi pendekatan individual dalam pengembangan persepsi diri dan konsep diri siswa kelas XI IPA 2 dalam pembelajaran Aqidah Akhlak di MA NU Ibtidaul Falah Dawe Kudus tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian in adalah field research dengan pendekatan kualitatif yang menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Responden penelitian ini adalah kepala madrasah, guru Aqidah Akhlak, siswa kelas XI IPA 2. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Adapun hasil penelitian ini adalah: 1) Pelaksanaan pembelajaran Aqidah Akhlak di MA NU Ibtidaul Falah Dawe Kudus dilakukan dengan beberapa tahap, yaitu: tahap perencanaan, seperti menyusun rencana kegiatan pembelajaran. Tahap pelaksanaan, yaitu: pendahuluan, kegiatan inti dan penutup. 2) Implementasi pendekatan individual dalam pengembangan persepsi diri dan konsep diri siswa dalam pembelajaran Aqidah Akhlak di MA NU Ibtidaul Falah Dawe Kudus adalah guru melakukan pendekatan individu siswa, seperti mengantuk, bermain sendiri, berbicara sendiri dan malas dalam belajar dengan cara guru harus peka melihat perbedaan siswa, memberikan bimbingan dan arahan, memberikan tugas pada siswa terkait materi dan memberikan motivasi pada siswa untuk mengikuti pembelajaran dengan baik serta mempunyai persepsi dan konsep diri yang baik, wujudnya adalah kesadaran dalam diri siswa untuk lebih serius dan sungguh-sungguh dalam belajar. 3) Faktor pendukung implementasi pendekatan individual dalam pengembangan persepsi diri dan konsep diri siswa dalam pembelajaran Aqidah Akhlak di MA NU Ibtidaul Falah Dawe Kudus yaitu berupa faktor internal adalah adanya situasi yang menghadirkan kelengkapan serta keterbukaan dalam pembelajaran Aqidah Akhlak. Sedangkan faktor eksternalnya adalah adanya sarana prasarana yang mendukung dalam pembelajaran Aqidah Akhlak berupa media atau alat peraga. Sementara faktor penghambatnya internalnya adalah ketidak beranian peserta didik dalam menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru, sementara faktor eksternalnya adalah peserta didik masih kurang memperhatikan arahan dari guru Aqidah Akhlak, kurang memahami media yang digunakan oleh guru dengan baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Individual; Persepsi Diri; Konsep Diri Siswa; Pembelajaran Aqidah Akhlak |
Subjects: | Aqaid dan Ilmu Kalam Akhlak dan Tasawuf 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 31 May 2017 07:13 |
Last Modified: | 31 May 2017 07:13 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1119 |
Actions (login required)
View Item |