Pembelajaran Kitab Kuning Menggunakan Metode Sorogan Berbasis Nadhom Jurumiyyah Bahasa Jawa Di Ponpes Ash-Sholatiyyah Lasem

Nafiudin, Muchammad (2023) Pembelajaran Kitab Kuning Menggunakan Metode Sorogan Berbasis Nadhom Jurumiyyah Bahasa Jawa Di Ponpes Ash-Sholatiyyah Lasem. Masters thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (150kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (75kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (153kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (330kB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (93kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (328kB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (77kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (79kB)

Abstract

Metode sorogan adalah metode pembelajaran kitab kuning yang lazim digunakan di pondok pesantren. Dalam praktiknya, metode sorogan mengharuskan siswa atau murid untuk membaca atau menghafalkan pelajaran dan di simak langsung satu persatu oleh ustad pengampu. Pondok pesantren Ash-sholatiyyah merupakan lembaga pendidikan agama yang masih mempertahankan tradisi pondok pesantren pada umumnya. Dalam system pembelajaran, pondok pesantren Ash-sholatiyah menggunakan sistem sorogan. metode sorogan yang digunakan di pondok pesantren Ash-Sholatiyyah lasem memang bukan metode baru, tetapi pondok pesantren Ash-Sholatiyyah mempunyai cara tersendiri untuk penerapannya agar metode sorogan ini bisa lebih efektif. strategi yang digunakan adalah dengan cara membuat kitab terjemahan dari kitab jurumiyah kemudian dibuat syai’ir berbahasa jawa, kemudian sya’ir ini dibaca bersama-sama sebelum pembelajaran Sehingga bisa menunjang pemahaman para santri tentang gramatika bahasa arab, yang pada ahirnya hal tersebut sangat membantu para santri untuk memahami kitab-kitab klasik yang dipelajari. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif terapan (Applied Research). Hasil dari penelitian ini bukan merupakan ilmu baru, namun condong pada aplikasi baru yang merupakan penerapan dari ilmu yang sudah ada. Penelitian ini dilakukan di Pondok Pesantren Ash-Sholatiyyah lasem. Sumber data dari penelitian ini ada dua yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah: tujuan penggunaan metode sorogan di Pondok Pesantren Ash-Sholatiyyah yaitu untuk meningkatkan kedisiplinan santri dan juga meningkatkan motivasi belajar. Untuk menunjang pembelajaran kitab kuning, Pondok Pesantren Ash-Sholatiyyah membuat terjemahan kitab nahwu jurumiyyah yang dibuat syi’iran dan wajib dibaca sebelum pengajian kitab kuning dimulai.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKisbiyanto, KisbiyantoUNSPECIFIED
Thesis advisorSholihuddin, Moh.UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kitab Kuning, Metode Sorogan, Pondok Pesantren Ash-Sholatiyyah
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Oct 2023 08:30
Last Modified: 21 Oct 2023 08:30
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11192

Actions (login required)

View Item View Item