Zahro, Mufida Fatimatuz (2023) Internalisasi Moderasi Beragama Pada Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Kudus. Masters thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (542kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (333kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (666kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (867kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (493kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (797kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (334kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (551kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk 1) Mengetahui Persepsi Stakeholder dan peserta didik terhadap Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Pada Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Kudus; 2) Mengetahui Strategi dan Metode Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Pada Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Kudus 3) Proses Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Pada Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Kudus, dan 4) Mengetahui Dampak Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Pada Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Kudus. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan model field research (penelitian lapangan) yang disajikan secara deskriptif. Data penelitian ini diperoleh dari kegiatan wawancara dengan informan yang meliputi kepala sekolah, guru dan siswa, observasi dan dokumentasi. Adapun uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi yaitu triangulasi sumber, triangulasi waktu, dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Persepsi internalisasi moderasi beragama menurut stakeholder yaitu sikap yang harus ditengah-tengah dalam memahami perbedaan antara pola pikir seluruh warga sekolah dalam menyikapi setiap hal. Terutama guru sebagai pemberi contoh untuk peserta didik. Dalam memahami thowaf hati berpikir secara melingkar, menyeluruh berbagai sudut pandang tidak boleh menjustifikasi; 2) Strategi dan Metode Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama melalui Pembelajaran dan di luar pembelajaran. Metode yang digunakan yaitu Metode Pembiasaan, Metode Pembinaan, Metode Nasehat dan Metode diskusi; 3) Pada dasarnya proses internalisasi nilai-nilai moderasi beragama dilakukan melalui beberapa tahapan yakni Pertama Tahapan informasi (afektif) dan penyadaran, tahapan ini berupa memberikan materi dan pemahaman tentang nilai-nilai yang baik dan buruk sehingga peserta didik dapat membedakan antara keduanya, Kedua Tahapan penghayatan (Kognitif) yakni memberikan arahan dan bimbingan dan keteladanan kepada peserta didik untuk menghayati nilai-nilai Ilahiyah dan Insaniyah, Ketiga Tahapan aplikasi, (Psikomotorik) yakni Pertama tahapan implementasi dalam bentuk penerapan kebijakan atau peraturan yang dibuat oleh sekolah, Kedua memberikan motivasi dan dorongan kepada peserta didik untuk mengaplikasikan nilai yang baik dalam bentuk pebuatan, Ketiga para pendidik memberikan contoh yang baik agar peserta didik mengikuti dalam praktek kehidupan sehari-hari baik di sekolah, keluarga dan di masyarakat luas. 4) Dampak Nilai-Nilai Moderasi Beragama bagi Peserta didik yaitu Terbiasa menjalankan perbedaan, Terbiasa menjalankan ibadah dan Bersikap toleran.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Internalisasi Nilai, Moderasi Beragama, Moderasi Beragama di Sekolah | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | |||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI) | |||||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | |||||||||
Date Deposited: | 21 Oct 2023 08:35 | |||||||||
Last Modified: | 21 Oct 2023 08:35 | |||||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11194 |
Actions (login required)
View Item |