Munafi’ah, Hirzatul (2023) Upaya Guru Dalam Menangani Kesulitan Membaca Peserta Didik (Disleksia) Menggunakan Metode Fernald di MI Alam Alfa Kids Cluwak Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (233kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (227kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (243kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (514kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (251kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (383kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (271kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (330kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam menangani kesulitan membaca peserta didik (disleksia) menggunakan metode Fernald di MI Alam Alfa Kids Cluwak Pati, mengetahui kesulitan guru dalam menggunakan metode Fernald dalam menangani peserta didik yang mengalami kesulitan membaca (disleksia) di MI Alfa Kids Cluwak Pati, mengetahui penggunaan metode Fernald dapat menangani kesulitan membaca peserta didik (disleksia) di MI Alam Alfa Kids Cluwak Pati. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif deskriptif, menggunakan 3 (tiga) tehnik pengumpulan data yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dilakukan di tempat penelitian di MI Alam Alfa Kids Cluwak Pati dengan subjek penelitian yaitu kepala madrasah, dan guru khusus yang manangani peserta didik yang mengalami kesulitan membaca. Hasil penelitian ini adalah : 1) Upaya dalam menangani kesulitan membaca peserta didik (disleksia) menggunakan metode Fernald telah diterapkan di MI Alam Alfa Kids, penggunaan metode Fernald ini dinilai sangat efektif jika digunakan dalam menangani kesulitan membaca. 2) Kesulitan guru dalam pengggunaan metode Fernald dalam menangani peserta didik yang mengalami kesulitan membaca (disleksia) ialah peserta didik memiliki karagaman sifat, kepribadian, dan tingkat kecerdasan. 3) Penggunaan metode Fernald dapat menangani kesulitan membaca, karena dengan penggunaan metode Fernald peserta didik dapat mengingat bentuk dan bunyi huruf, kemampuan peserta didik dalam membaca meningkat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Upaya Guru, Disleksia dan Metode Fernald | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 21 Oct 2023 08:48 | ||||||
Last Modified: | 21 Oct 2023 08:48 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11197 |
Actions (login required)
View Item |