Strategi Kebijakan Bank Indonesia Kantor Perwakilan Provinsi Jawa Tengah Untuk Meningkatkan Sistem Pembayaran dan Perluasan Akseptasi QRIS Pada UMKM di Kudus Dalam Perspektif Ekonomi Syariah

Sofiyah, Ayuni (2023) Strategi Kebijakan Bank Indonesia Kantor Perwakilan Provinsi Jawa Tengah Untuk Meningkatkan Sistem Pembayaran dan Perluasan Akseptasi QRIS Pada UMKM di Kudus Dalam Perspektif Ekonomi Syariah. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (461kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (191kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (609kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (719kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (498kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (893kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (304kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (478kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) mengetahui strategi kebijakan yang diambil oleh Bank Indonesia KPw Jawa Tengah dan 2) mengetahui dampak strategi kebijakan yang diambil oleh Bank Indonesia KPw Jawa Tengah serta 3) mengetahui pandangan MUI terkait QRIS dan strategi kebijakan yang diambil oleh Bank Indonesia Kantor Perwakilan Provinsi Jawa Tengah dalam meningkatkan sistem pembayaran ritel QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) dan perluasan Akseptasi QRIS 12 Juta Merchant dalam perspektif Ekonomi Syariah. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah, yang beralamat di Jalan Imam Bardjo No.4 Semarang. Lokasi penelitian yang kedua yakni di Kantor MUI Kabupaten Kudus (Dewan Pengawas Syariah Kudus) dan 7 UMKM yang berlokasi di Kota Kudus. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Bank Indonesia KPw Jawa Tengah melakukan berbagai upaya strategis sesuai Peraturan Bank Indonesia Nomor 23/11/PBI/2021 tentang Standar Nasional Sistem Pembayaran dan sudah cukup efektif dalam meningkatkan sistem pembayaran dan perluasan akseptasi QRIS dengan melakukan edukasi, sosialisasi, praktik User Experience QRIS, pre-test dan post-test kepada masyarakat terkait QRIS. 2) UMKM di Kudus yang diwawancarai belum merasakan dampak QRIS secara signifikan terhadap traffic serta peningkatan penjualan, meski demikian beberapa dari mereka merasakan dampak manfaat penggunaan QRIS seperti tidak perlu menerima uang cash yang cukup banyak, menghindarkan UMKM dari uang palsu, uang robek, dan lainnya, serta praktis, karena tidak perlu menyiapkan uang kembalian, lebih mudah, dan uangnya tersimpan tidak tercampur dengan uang pribadi. 3) Dilihat dari perspektif ekonomi syariah, hukum penggunaan QRIS untuk transaksi melalui uang elektronik adalah boleh. Hukum diperbolehkannya uang elektronik sebagai alat pembayaran ini harus sesuai dengan prinsip dan ketentuan-ketentuan Fatwa Nomor 116/DSN-MUI/IX/2017 tentang Uang Elektronik Syariah yang telah didasarkan pada dalil Al Qur’an serta kaidah-kaidah fikih yang ada.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHana, Kharis FadlullahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Kebijakan, Dampak, Perspektif Ekonomi Syariah
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 330 Ekonomi, Perekonomian > Ekonomi Keuangan > Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Oct 2023 01:50
Last Modified: 22 Oct 2023 01:50
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11201

Actions (login required)

View Item View Item