Mayasari, Winda Meilina (2022) Penerapan Metode Hanifida dalam Program Unggulan Hafalan Asmaul Husna di MI NU Baitul Mukminin Getaspejaten Jati Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (981kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (211kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (261kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (360kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (3MB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (249kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (462kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (214kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (336kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode Hanifida dalam program unggulan hafalan Asmaul Husna di MI NU Baitul Mukminin Getaspejaten Jati Kudus. Selain itu, untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan program unggulan hafalan Asmaul Husna menggunakan metode Hanifida di MI NU Baitul Mukminin Getaspejaten Jati Kudus. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Menggunakan 3 (tiga) teknik pengumpulan data yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dilakukan di tempat penelitian di MI NU Baitul Mukminin Getaspejaten Jati Kudus dengan subjek penelitian yaitu kepala madrasah, guru kelas, guru inisiator metode, serta peserta didik MI NU Baitul Mukminin Getaspejaten Jati Kudus. Hasil penelitian ini adalah, 1) Metode Hanifida dalam program unggulan hafalan Asmaul Husna telah diterapkan di MI NU Baitul Mukminin sejak tahun 2019. Penggunaan metode Hanifida dinilai sangat efektif jika digunakan dalam program unggulan hafalan Asmaul Husna. 2) Faktor pendukung dalam pelaksanaan program unggulan hafalan Asmaul Husna menggunakan metode Hanifida yakni terdapat guru pengajar yang profesional di bidangnya, dukungan dari pihak madrasah serta sarana dan prasarana yang memadahi. Faktor penghambat pelaksanaan program unggulan hafalan Asmaul Husna menggunakan metode Hanifida yakni perbedaan kemampuan antar peserta didik, tingkat kedisiplinan yang masih rendah, serta kurangnya pelatihan metode Hanifida untuk guru secara berkala oleh pihak madrasah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode Hanifida, Program Unggulan, Asmaul Husna | ||||||
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 22 Oct 2023 01:56 | ||||||
Last Modified: | 22 Oct 2023 01:56 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11203 |
Actions (login required)
View Item |