Strategi Guru Madrasah Ibtidaiyah dalam Mengelola Pembelajaran di Kelas (Studi Kasus Guru Kelas V Di MI Roudlotusysyubban Tawangrejo Winong Pati)

Mahmudah, Lia Isti (2023) Strategi Guru Madrasah Ibtidaiyah dalam Mengelola Pembelajaran di Kelas (Studi Kasus Guru Kelas V Di MI Roudlotusysyubban Tawangrejo Winong Pati). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (330kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (458kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (493kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (729kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (378kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (736kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (271kB)
[img] Text
9. DAPUS.pdf

Download (426kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) untuk mengetahui strategi guru madrasah ibtidaiyah dalam mengelola pembelajaran di kelas V MI Roudlotusysyubban Tawangrejo Winong Pati; 2)Untuk mengetahui faktor pendukung guru madrasah ibtidaiyah dalam mengelola pembelajaran di kelas V MI Roudlotusysyubban Tawangrejo Winong Pati. Jenis penelitian ini adalah Studi Kasus (Case Studies) menggunakan pendekatan kualitatif. Subejek penelitian ini adalah guru kelas VA dan peserta didik kelas VA MI Roudlotusysyubban Tawangrejo Winong Pati. Data-data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dianalisis menggunakan teknik reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1)Dalam pengelolaan kelas guru harus memeperhatikan tiga faktor yaitu a) kondisi fisik yang meliputi ruangan berlangsungnya pembelajaran, pengaturan tempat duduk, ventilasi dan pengaturan cahaya, dan pengaturan penyimpanan barang-barang b) kondisi Sosio-Emosional meliputi tipe kepemimpinan, sikap guru, suara guru, dan pembinaan hubungan baik c) kondisi Organisasional yang meliputi pergantian pelajaran, guru yang berhalangan hadir, masalah antar siswa dan upacara bendera.Strategi yang diterapkan guru dalam mengelola kelas VA MI Roudlotusysyubban yaitu: a)Menciptakan kondisi kelas yang optimal dengan cara memperhatikan kondisi fisik tempat berlangsungnya pembelajaran menjadi menarik dan nyaman b)Berusaha menghentikan tingkah laku siswa yang menyimpang dengan memberikan perhatian yang sama serta bersikap adil kepada peserta didik yang melakukan kesalahan. c) Menciptakan disiplin kelas dengan membuat tata tertib dan kebiasaan baik lainnya untuk membentuk sikap disiplin dalam diri peserta didik.d)Menciptakan keharmonisan antara guru dengan peserta didik dengan cara hubungan dan komunikasi yang baik serta tidak membedakan antar siswa. (2)Faktor pendukung pada strategi pengelolaan kelas guru madrasah ibtidaiyah a)Kurikulum yang digunakan modern sehingga terciptanya kelas yang dinamis b) sarana dan prasarana yang memadai untuk menunjang pembelajaran meliputi ruangan kelas, teknologi dan sarana lainnya. c) Dinamika Kelas atau kondisi kelas yang baik dapat membantu menciptakan lingkungan yang positif dan nyaman saat proses pembelajaran berlangsung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSumadi, EkoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi, guru, Pengelolaan Kelas
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Aktivitas Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Oct 2023 04:04
Last Modified: 22 Oct 2023 04:04
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11246

Actions (login required)

View Item View Item