Tax Avoidance: Ditinjau dari Transfer Pricing, Koneksi Politik dan Capital Intensity dengan Good Corporate Governance sebagai Variabel Moderasi (Studi pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Jakarta Islamic Index periode 2015-2021)

Sukmawati, Vita Diah (2023) Tax Avoidance: Ditinjau dari Transfer Pricing, Koneksi Politik dan Capital Intensity dengan Good Corporate Governance sebagai Variabel Moderasi (Studi pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Jakarta Islamic Index periode 2015-2021). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (557kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (137kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (157kB)
[img] Text
4. Bab I.pdf

Download (404kB)
[img] Text
5. Bab II.pdf

Download (617kB)
[img] Text
6. Bab III.pdf

Download (611kB)
[img] Text
7. Bab IV.pdf

Download (527kB)
[img] Text
8. Bab V.pdf

Download (71kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (250kB)

Abstract

Tax Avoidance merupakan skema penghindaran pajak untuk tujuan meminimalkan beban pajak dengan memanfaatkan celah ketentuan perpajakan. Salah satu sektor yang melakukan tindakan tax avoidance adalah sektor manufaktur, hal ini dapat dilihat dari penerimaan pajak dari sektor tersebut mengalami fluktuasi tiap tahun sedangkan jumlah perusahan manufaktur terus meningkat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh transfer pricing, koneksi politik dan capital intensity dengan dimoderasi oleh good corporate governance terhadap tax avoidance pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di JII tahun 2015-2021. Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian kuantitatif. Data penelitian merupakan jenis data sekunder berupa laporan keuangan perusahaan yang bersumber dari website resmi Bursa Efek Indonesia (BEI). Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 7 perusahaan dengan teknik pengambilan sampel dengan metode purposive sampling. Metode analisis data menggunakan regresi data panel dan Moderated Regression Analyz (MRA) dengan menggunakan Eviews. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa transfer pricing tidak berpengaruh terhadap tax avoidance, koneksi politik berpengaruh terhadap tax avoidance, capital intensity berpengaruh negatif terhadap tax avoidance dan good corporate governance tidak berhasil memoderasi pengaruh transfer pricing, koneksi politik dan capital intensity terhadap tax avoidance.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorBaihaqi, JadzilUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Transfer Pricing, Koneksi Politik, Capital Intensity, Good Corporate Governance, Tax Avoidance
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 330 Ekonomi, Perekonomian > Ekonomi Keuangan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 330 Ekonomi, Perekonomian > Ekonomi Keuangan > Pajak dan Perpajakan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Oct 2023 04:27
Last Modified: 22 Oct 2023 04:27
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11263

Actions (login required)

View Item View Item