Studi Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Team Games Tournament Pada Pembelajaran Tematik Untuk Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VI Di MI NU Suryawiyyah Tahun Pelajaran 2022/2023

Nida, Nurul Khoirin (2023) Studi Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Team Games Tournament Pada Pembelajaran Tematik Untuk Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VI Di MI NU Suryawiyyah Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (974kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (332kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (276kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (289kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (522kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (314kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (631kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (344kB)
[img] Text
9. DAPUS.pdf

Download (417kB)

Abstract

Penelitian memiliki tujuan (1) untuk mengetahui perencanaan penggunaan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik di MI NU Suryawiyyah, (2) untuk mengetahui pelaksanaan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik di MI NU Suryawiyyah, (3) untuk mengetahui hasil dari pelaksanaan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik di MI NU Suryawiyyah. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research), dimana peneliti turun langsung ke lapangan atau tempat yang dijadikan bahan penelitian, tujuannya adalah untuk mengungkapkan makna atau permasalahan yang ada di lapangan secara lebih terperinci. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian akan menemukan dan menggambarkan secara naratif atau deskriptif kegiatan yang dilaksanakan serta dampak tindakan tersebut terhadap kehidupan. Dalam penelitian ini, peneliti melakukan penelitian di MI NU Suryawiyyah pada kelas VI. Dari penelitian ini guru perlu membuat perencanaan sebelum melaksanakan proses pembelajaran, perencanaan yang dibuat guru berupa rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Pada proses pembelajaran menggunakan model Team Games Tournamnet (TGT) terbagi menjadi lima tahap yaitu, (1) penyajian materi, (2) belajar dalam kelompok (team), (3) permainan (games), (4) kompetisi (tournament), (5) penghargaan kelompok (team recognition). Hasil dari penelitian ini adalah motivasi belajar siswa kelas VI di MI NU Suryawiyyah tumbuh sebesar 15,24%. Yang mulanya rata-rata nilai ulangan harian siswa 77,4 meningkat menjadi 89,2. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) mampu menumbuhkan motivasi belajar siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKhafidin, ZaenalUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT), Motivasi Belajar Siswa
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Oct 2023 04:33
Last Modified: 22 Oct 2023 04:33
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11275

Actions (login required)

View Item View Item