IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM SYA’IR SHALAWAT ASNAWIYAH UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER CINTA TANAH AIR SISWA DI MA MU’ALLIMAT NU KUDUS

Shifa, Firda Naila (2023) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM SYA’IR SHALAWAT ASNAWIYAH UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER CINTA TANAH AIR SISWA DI MA MU’ALLIMAT NU KUDUS. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
cover-kata pengantar.pdf

Download (885kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (346kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (296kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (500kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (668kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (384kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (699kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (289kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (396kB)

Abstract

Penelitian ini adalah studi terkait Implementasi Nilai-nilai Pendidikan Dalam Sya’ir Shalawat Asnawiyah Untuk Meningkatkan Karakter Cinta Tanah Air Siswa di MA Mu’allimat NU Kudus. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan dalam sya’ir shalawat Asnawiyah di MA Mu’allimat NU Kudus; 2) untuk mengetahui karakter cinta tanah air siswa di MA Mu’allimat NU Kudus; 3) untuk mengetahui implementasi nilai-nilai pendidikan sya’ir shalawat Asnawiyah terhadap karakter cinta tanah air siswa di MA Mu’allimat NU Kudus. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan atau yang disebut field reaserch dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilaksanakan dengan wawancara, observasi serta dokumentasi. Peneliti melakukan pengamatan secara langsung dan melihat bagaimana Implementasi Nilai-nilai Pendidikan Dalam Sya’ir Shalawat Asnawiyah Untuk Meningkatkan Karakter Cinta Tanah Air Siswa di MA Mu’allimat NU Kudus. Berdasarkan hasil penelitian yang ditemukan bahwa: (1) Nilai-nilai pendidikan dalam sya’ir shalawat Asnawiyah di MA Mu’allimat NU Kudus jika dibedah memiliki tujuh nilai-nilai yang tidak dapat dipisahkan: nilai ketuhanan/Ilahiyah, nilai kenabian, nilai spiritual, nilai Qur'aniyah, nilai ilmu pengetahuan, nilai keimanan dan nilai kebangsaan. KH. R. Asnawi memberi pesan bahwa empat dimensi yang terkandung dalam isi shalawat itu tidak akan mudah diwujudkan jika negara dalam kondisi tidak aman. Maka doa untuk Indonesia aman, damai, dan gemah ripah loh jinawe. (2) Karakter cinta tanah air siswa di MA Mu’allimat NU Kudus diwujudkan bukti dengan tujuh sikap karakter cinta tanah air siswa: selalu mendo’akan bangsa Indonesia, mencintai tanah air, bangga menjadi warga Negara Indonesia, sikap menghargai budaya dan bangsa, memilih berwisata dalam negeri, sikap menghargai jasa pahlawan dan mendo’akannya, Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) dan Peringatan Hari Besar Nasional (PHBN). (3) Implementasi Nilai-nilai pendidikan dalam sya’ir shalawat Asnawiyah dapat diwujudkan pada Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) cinta tanah air (rasa kebangsaan) melalui shalawat Asnawiyah di lingkungan MA Mu’allimat NU Kudus dapat digunakan dari kebijakan dari Madrasah Mu’allimat NU & Kemendikbud dengan lima nilai karakter utama yang bersumber dari Pancasila: nilai karakter religius, nilai karakter nasionalis, nilai karakter integritas, nilai karakter mandiri, dan nilai karakter gotong royong.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMujab, SaifulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai Pendidikan, Shalawat Asnawiyah, Karakter Cinta Tanah Air Siswa
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Oct 2023 04:38
Last Modified: 22 Oct 2023 04:38
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11279

Actions (login required)

View Item View Item