Pengaruh Social Presence Terhadap Arousal Untuk Meningkatkan Impulse Buying Pada Live Streaming E-Commerce (Studi Kasus Pengguna Tiktok Live Shopping Di Kab. Magetan)

Sundari, Indah Tri (2023) Pengaruh Social Presence Terhadap Arousal Untuk Meningkatkan Impulse Buying Pada Live Streaming E-Commerce (Studi Kasus Pengguna Tiktok Live Shopping Di Kab. Magetan). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (153kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (279kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (406kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (548kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (418kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (879kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (227kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (314kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara social presence of broadcaster, social presence of viewers, social presence of live streaming terhadap impulse buying in live streaming e-commerce melalui arousal pada pengguna live streaming e-commerce di Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Responden penelitian ini adalah seluruh masyarakat Kabupaten Magetan, Provinsi Jawa Timur yang sudah pernah melakukan transaksi TikTok live shopping sejumlah 110 orang. Metode penarikan sampel pada penelitian ini menggunakan Non Probability Sampling dengan teknik simple random sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah Software Statistical Package for Social Science (SPSS) version 25.0 for Windows 10, dan perangkat lunak Amos 24.0 dengan metode Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa social presence of broadcaster, social presence of viewers, dan arousal secara simultan berpengaruh positif pada impulse buying in live streaming e-commerce. Social presence of live streaming tidak signifikan pada arousal. Implikasi pada penelitian ini yaitu, seorang broadcaster harus menarik, memiliki ciri khas tersendiri yang bisa memberikan kejutan bagi viewers, sehingga mendapat antusias yang tinggi dari viewers. Broadcaster harus memiliki cara khas dalam menawarkan produk, dan cara berkomunikasi yang baik saat live streaming. Pengalaman, dan personalitas juga diperlukan. Promo yang menarik, diskon, flash sale, dengan waktu dan stock yang terbatas akan mendorong spontanitas dalam pembelian. Broadcaster berperan penting yang memberikan dorongan agar viewers membeli sekarang juga tanpa berpikir panjang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSupriyanto, AgusUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Social presence of broadcaster,social presence of viewers, social presence of live streaming, arousal, impulse buying in live streaming e-commerce
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial
600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Manajemen Pemasaran
Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Manajemen Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Oct 2023 04:43
Last Modified: 22 Oct 2023 04:43
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11280

Actions (login required)

View Item View Item