Fajri, Fanny Nada (2023) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas X Di MA NU Nurussalam Besito Gebog Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (353kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (287kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (517kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (741kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (406kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (557kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (294kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (490kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarelakangi oleh timbulnya krisis akhlak dalam masyarakat yang terjadi karena kurangnya pengawasan, sehingga menjadikan respon terhadap agama yang kurang. Krisis akhlak tersebut berkaitan dengan kualitas pendidikan agama yang seharusnya memberi nilai spiritual tetapi justru tidak memiliki kekuatan karena kesadaran dalam beragama dan berakhlak yang kurang. Untuk itu peran guru Pendidikan Agama Islam dalam pembelajaran akidah akhlak kepada peserta didik, khususnya kelas X sangat diperlukan untuk menjadikan akhlak peserta didik semakin baik lagi dari sebelumnya. Oleh karena itu, peneliti tertarik melakukan penelitian tentang peran guru Pendidikan Agama Islam dalam pembelajaran akidah akhlak kelas X di MA NU Nurussalam Besito Gebog Kudus. Penelitian ini bertujuan, pertama, untuk mengetahui peran guru Pendidikan Agama Islam dalam pembelajaran akidah akhlak kelas X. Kedua, untuk mengetahui metode pembelajaran akidah akhlak kelas X. Ketiga, untuk mengetahui implementasi dalam pembelajaran akidah akhlak kelas X. Jenis penelitian yang digunakan peneliti yaitu penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif di MA NU Nururssalam Besito Gebog Kudus. Subjek penelitian ini meliputi kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, guru Pendidikan Agama Islam, dan peserta didik. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan dalam analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Peran guru dalam pembelajaran akidah akhlak kelas X yaitu guru memiliki peran sebagai pendidik, sebagai teladan atau model, sebagai motivator, dan sebagai pembimbing mempunyai tujuan yang dapat memperbaiki akhlak peserta didik menjadi lebih baik lagi kedepannya; (2) Metode yang digunakan oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam pembelajaran akidah akhlak kelas X yaitu metode ceramah, metode tanya jawab, metode penugasan, metode keteladanan, dan metode hukuman. Dengan menerapkan kelima metode tersebut menjadi cara yang cukup efektif dalam mengajarkan akhlak kepada peserta didik; (3) Implementasi pembelajaran akidah akhlak kelas X sudah dilakukan dengan baik, peserta didik menerapkan apa yang diajarkan guru Pendidikan Agama Islam dalam materi akidah akhlak di kehidupan sehari-harinya, dan dengan menerapkan hal tersebut akan menjadikan kebiasaan peserta didik dalam berperilaku serta berakhlak yang baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru, Pendidikan Agama Islam, dan Pembelajaran Akidah Akhlak | ||||||
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 22 Oct 2023 06:37 | ||||||
Last Modified: | 22 Oct 2023 06:37 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11307 |
Actions (login required)
View Item |