Studi Komparasi Kesejahteraan Umkm Gula Merah Sebelum dan Disaat Pandemi Covid-19 di Dusun Masin Desa Kandangmas Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus

Mahfud, Muhammad Sahal (2023) Studi Komparasi Kesejahteraan Umkm Gula Merah Sebelum dan Disaat Pandemi Covid-19 di Dusun Masin Desa Kandangmas Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (961kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (330kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (292kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (727kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (608kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (304kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (559kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (275kB)
[img] Text
9. DAPUS.pdf

Download (430kB)

Abstract

Dampak pandemi Covid-19 berpengaruh sangat besar terhadap pengusaha gula merah di Dusun Masin Desa Kandangmas, terdapat perbedaan kondisi pada sebelum dan disaat pandemi Covid-19 terjadi, yang dapat mempengaruhi tingkat kesejahteraan UMKM Gula Merah. Mengalami kondisi yang cukup sulit tentunya akan timbul kendala dan permasalahan yang dapat menjadi tantangan terbesar pengusaha gula merah di Dusun Masin Desa Kandangmas dalam mengembangkan usahanya. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk menganalisis jumlah UMKM dan proses produksi UMKM Gula Merah sebelum dan disaat pandemi Covid-19 di Dusun Masin Desa Kandangmas Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus. 2) untuk menganalisis perbandingan kesejahteraan UMKM Gula Merah sebelum dan disaat pandemi Covid-19 di Dusun Masin Desa Kandangmas Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus. 3) untuk menganalisis kendala dan solusi yang dialami dalam pengembangan UMKM Gula Merah di Dusun Masin Desa Kandangmas Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode kualitatif komparasi. Subjek dalam penelitian ini adalah enam orang pengusaha gula merah di Dusun Masin Desa Kandangmas. Pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan pengujian keabsahan data melalui perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi dan mengadakan member check. Sedangkan dalam analisis data dilakukan pada peneliti sebelum memasuki lapangan dan pada saat dilapangan dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Jumlah UMKM Gula Merah di Dusun Masin Desa Kandangmas terdapat 48 pelaku UMKM Gula Merah. Namun ketika pandemi terdapat 40 pelaku UMKM Gula Merah dikarenakan terdapat beberapa pelaku UMKM berhenti beroperasi sementara. Adapun proses produksi gula merah memerlukan modal yang tentunya sangat besar, yang dapat memengaruhi tingkat penjualan dan pendapatan. Sedangkan Perbandingan kesejahteraan UMKM Gula Merah di Dusun Masin Desa Kandangmas sebelum dan disaat pandemi Covid-19 menunjukkan perbedaan yang signifikan dilihat dari beberapa indikator kesejahteraan. Secara keseluruhan perbandingan kesejahteraan UMKM Gula Merah sebelum dan disaat pandemi Covid-19 sangat berpengaruh pada tingkat kesejahteraan UMKM. Bila awalnya sebelum pandemi Covid-19 UMKM Gula Merah di Dusun Masin dapat dikatakan sejahtera dan stabil serta dapat dibuktikan dengan tingginya pendapatan yang diperoleh, tetapi pada saat Covid-19 mulai banyak timbul permasalahn dan tingkat kesejahteraan menjadi menurun. Kemudian pada masing-masing pengusaha Gula Merah di Dusun Masin mempunyai kendala dan solusi tersendiri dalam menghadapi pandemi Covid-19 dan mengembangkan kesejahteraan usahanya berdasarkan indikator permodalan, pendapatan, teknologi, promosi dan tenaga kerja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKusuma, Aryanti MuhtarUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Studi Komparasi, Kesejahteraan, UMKM, Gula Merah, Pandemi Covid-19
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 330 Ekonomi, Perekonomian
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Oct 2023 06:47
Last Modified: 22 Oct 2023 06:47
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11311

Actions (login required)

View Item View Item