Makna Jilbab Sebagai Trend Fashion Kekinian Perspektif Tafsir Maqashidi (Studi Kasus Mahasiswi Prodi Perbankan Syari’ah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam IAIN Kudus)

Khofifah, Aulia Azka (2023) Makna Jilbab Sebagai Trend Fashion Kekinian Perspektif Tafsir Maqashidi (Studi Kasus Mahasiswi Prodi Perbankan Syari’ah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam IAIN Kudus). Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (895kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (387kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (344kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (550kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (449kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (782kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (372kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (351kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pemaknaan jilbab sebagai trend fashion kekinian perspektif tafsir maqashidi menurut pandangan mahasiswi Prodi Perbankan Syari’ah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Kudus. Pada penelitian ini juga meneliti terkait praktik penggunaan jilbab mahasiswi Prodi Perbankan Syari’ah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Kudus. Pada penelitian ini menggunakan model penelitian kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data diperoleh dengan cara observasi, dokumentasi, wawancara terhadap beberapa mahasiswi Prodi Perbankan Syari’ah IAIN Kudus. Sedangkan analisis data menggunakan tiga langkah yang terdiri dari: koleksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini penggunaan Tafsir Maqashidi hanya digunakan sebagai penguat dalam penafsiran mahasiswi Prodi Perbankan Syari’ah terkait pemaknaan jilbab sebagai trend fashion kekinian. Penggunaan tafsir maqashidi dalam penelitian digunakan dalam melihat aspek-aspek maqashid syari’ah dalam penafsiran ayat-ayat tentang jilbab yang ada dalam al-Qur’an. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemaknaan jilbab sebagai trend fashion kekinian perspektif Tafsir Maqashidi menurut pandangan mahasiswi Prodi Perbankan Syari’ah IAIN Kudus merupakan sebuah modifikasi anatara penggunaan jilbab modern dan penggunaan jilbab sebagaimana dalam syari’at islam. Pada penelitian ini ditemukan bahwa rata-rata praktik penggunaan jilbab pada mahasiswi Prodi Perbankan Syari’ah IAIN Kudus masih belum sesuai dengan perintah berjilbab yang ada dalam al-Qur’an. Penggunaan jilbab mahasiswi Perbankan Syari’ah cenderung mengikuti trend fashion jilbab yang berkembang sekarang dan masih memperlihatkan aurat bagian atasnya. Namun, para mahasiswi berusaha untuk tidak memperlihatkan aurat bagian atasnya yaitu dengan cara berpakaian longgar. Karena fungsi dari jilbab menurut para mahasiswi Perbankan Syari’ah adalah sebagai penutup aurat, dan jilbab juga dijadikan sebagai sebuah trend fashion untuk mereka tampil dengan percaya diri sesuai dengan model jilbab yang berkembang sekarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMu'min, Ma'munUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Jilbab, Trend Fashion, Tafsir Maqashidi
Subjects: Fiqih, Hukum Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Quran Tafsir
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Oct 2023 06:56
Last Modified: 22 Oct 2023 06:56
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11317

Actions (login required)

View Item View Item