Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan dan Implikasinya terhadap Pengembangan Bakat, Minat dan Branding Image MA Plus Al Muhibbin Jatirogo, Tuban

A’yun, Shonia Qurrota (2023) Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan dan Implikasinya terhadap Pengembangan Bakat, Minat dan Branding Image MA Plus Al Muhibbin Jatirogo, Tuban. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (332kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (345kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (436kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (550kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (462kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (272kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (416kB)

Abstract

Pendidikan di Indonesia perlu meningkatkan proses pembelajaran untuk menunjang generasi bangsa agar tercipta generasi yang berkompeten. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini untuk mendalami pembahasan mengenai implementasi kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dan implikasinya terhadap bakat, minat dan branding image madrasah. Dalam penelitian ini terdapat tiga rumusan masalah, yang pertama bagaimana implementasi kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dalam pengembangkan bakat, minat dan branding image MA Plus Al Muhibbin Jatirogo Tuban? Yang kedua, apa saja faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan ekstrakurikuler keagamaan di MA Plus Al Muhibbin Jatirogo Tuban? Yang ketiga, apa saja implikasi ekstrakurikuler keagamaan dalam mengembangkan bakat, minat dan branding image MA Plus Al Muhibbin Jatirogo Tuban? Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Dalam proses pengumpulan data didapat melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengambilan sumber data dilakukan dengan teknik purposive sampling, dengan memberikan data yang diperlukan. Penelitian ini mengambil objek penelitian di MA Plus Al Muhibbin Jatirogo Tuban, di mana dalam madrasah ini memiliki sistem manajemen yang bagus dalam melaksanakan ekstrakurikuler keagamaan. Hasil dari penelitian ini antara lain, 1. Pelaksanaan ekstrakurikuler memiliki tiga tahapan. Yang petama tahap rekrutmen, yang kedua tahap pelaksanaan dan yang ketiga tahap penampilan bakat. 2. Pendukung dan penghambat pelaksanaan. Pendukung dari pelaksanaan ekstrakurikuler yaitu gigih nya siswa untuk berlatih serta pelatih yang optimis. Penghambat pelaksanaan ekstrakurikuler, kurang nya fasilitas jika harus digunakan secara bersamaan, waktu yang begitu padat. 3. Implikasi pelaksanaan ekstrakurikuler bagi pengembangan bakat, minat siswa yaitu tercapainya siswa yang kompetitif, terlatih, siswa terlatih mentalnya, dapat memainkan alat yang sebelumya belum mereka kuasai. Implikasi lain yang siswa mampu terbentuk kecakapan vokasional, sosial serta personal. Dengan berbagai kemampuan yang dicapai siswa, akan meningkatkan brand madrasah dan masyarakat memandang bagus madrasah karena madrasah mampu mengikuti berbagai cabang perlombaan di berbagai wilayah dan meraih penghargaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNugroho, PuspoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Ekstrakurikuler keagamaan, Bakat, Minat, Branding Image
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Oct 2023 07:29
Last Modified: 22 Oct 2023 07:29
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11339

Actions (login required)

View Item View Item