Urgensitas Premarital Check Up bagi Calon Pengantin dalam Upaya Pembentukan Keluarga Sakinah Perspektif Maqashid Asy-Syari’ah (Studi Kasus Pernikahan di Kecamatan Kayen)

Rosyidah, Nor Kholifatur (2023) Urgensitas Premarital Check Up bagi Calon Pengantin dalam Upaya Pembentukan Keluarga Sakinah Perspektif Maqashid Asy-Syari’ah (Studi Kasus Pernikahan di Kecamatan Kayen). Masters thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (639kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (437kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (948kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (559kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (973kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (439kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSATAKA.pdf

Download (555kB)

Abstract

Dalam hidup berkeluarga kesehatan merupakan faktor terpenting dalam membentuk keluarga yang sakinah. Seseorang yang akan menikah perlu melaksanakan premarital check up (pemeriksaan kesehatan) yang berfungsi untuk mengetahui kondisi kesehatan dan mendeteksi jika mengidap penyakit yang bisa diturunkan kepada keturunannya. Hal ini dijadikan sebagai upaya preventif terhadap kemungkinan penularan penyakit kepada keturunannya. Di KUA Kecamatan Kayen sudah mewajibkan calon pengantin melaksanakan pemeriksaan ini. Namun, tidak semua calon pengantin melakukannya. Hal ini disebabkan karena tidak adanya regulasi yang secara eksplisit mengatur tentang pemeriksaan kesehatan pranikah. Tujuan dari penelitian ini, untuk 1) Menjelaskan bagaimana pelaksanaan premarital check up dan untuk mengetahui faktor penyebab calon pengantin di Kecamatan Kayen tidak melaksanakannya, 2) Mengetahui seberapa penting pemeriksaan kesehatan sebagai upaya membentuk keluarga sakinah, 3) Untuk menganalisis secara mendalam pelaksanaan premartital check up melalui perspektif maqashid asy-syari’ah. Metode penelitian yang peneliti gunakan menggunakan pendekatan kualitatis dengan jenis penelitian yuridis empiris. Penggalian data digunakan dengan teknik observasi, wawancara, dan pengkajian dokumen. Subjek pada penelitian ini adalah Kepala, Penghulu dan Badan Pengadministrasian Umum di KUA Kecamatan Kayen, Bidan dan Kepala Bagian Tata Usaha di Puskesmas Kayen, calon pengantin dan masyarakat yang sudah berkeluarga di Kecamatan Kayen. Sedangkan untuk Teknik analisis datanya menggunakan reduksi, penyajian dan verifikasi data. Hasil penelitian ini adalah pemeriksaan kesehatan pranikah sebagai program Pemerintah mempunyai manfaat yang besar bagi calon pengantin, adapun faktor penghambat pelaksanaannya meliputi faktor lokasi, faktor usia dan faktor pengetahuan oleh calon pengantin. Peraturan ini dijadikan sebagai langkah awal dalam pembentukan keluarga sakinah, karena kesehatan menjadi salah satu faktor untuk membentuk keluarga yang sejahtera. Ditinjau melalui perspektif maqashid asy-syari’ah, peraturan ini memberikan kemaslahatan dalam pelaksanaannya, peraturan ini termasuk dalam tingkatan hajiyyat dalam hal pemeliharaan jiwa (hifdz al-nafs) dan melindungi keturunan (hifdz al-nasl).

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAris, NurUNSPECIFIED
Thesis advisorZaini, AhmadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Premarital Check Up, Keluarga Sakinah, Maqashid Asy-Syari’ah
Subjects: Fiqih, Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Hukum Keluarga Islam (HKI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Oct 2023 07:39
Last Modified: 22 Oct 2023 07:39
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11345

Actions (login required)

View Item View Item