Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Learning By Doing Pada Mapel IPA Kelas V di MI Al Fatah Juwana Pati

Usman, Ahmad (2023) Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Learning By Doing Pada Mapel IPA Kelas V di MI Al Fatah Juwana Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (760kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (266kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (229kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (371kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (579kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (362kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (599kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (222kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (289kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Cara Guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mapel IPA kelas V di MI Al Fatah Juwana Pati., 2) upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa melalui model pembelajaran learning by doing pada mapel IPA kelas V di MI Al Fatah Juwana Pati., 3) Kesulitan guru dalam menerapkan model pembelajaran learning by doing pada mapel IPA kelas V di mi al fatah Juwana Pati., 4) solusi guru dalam mengatasi kesulitan penerapan model pembelajaran learning by doing pada mapel IPA kelas V di MI al fatah Juwana Pati. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research). Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara kepada kepala sekolah, guru kelas V, dan peserta didik kelas V dan melalui dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan cara reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa melalui model pembelajaran learning by doing pada mapel IPA kelas V di MI Al Fatah Juwana, yaitu pertama guru membuat RPP, kedua proses penerapan model learning by doing, dan yang ketiga ialah penilaian. Adapun langkah-langkah guru dalam menerapkan model pembelajaran learning by doing yaitu: saat guru masuk mengucapkan salam, menanyakan kabar dan juga melakukan absensi, selanjutnya guru membuat kelompok kecil untuk mempermudah proses pembelajaran IPA dalam materi perpindahan kalor, siswa disuruh untuk melakukan praktek dengan kelompoknya sendiri-sendiri, selanjutnya guru menunjuk salah satu siswa untuk maju kedepan menyampaikan hasil diskusi tadi, setelah itu guru menyimpulkan apa yang telah disampaikan oleh beberapa siswa didepan kelas tadi agar supaya semua siswa dapat memahami materi yang disampaikan, dan guru menutup pembelajaran dengan mengucapkan salam penutup. Adapun setelah diterapkannya model pembelajaran learning by doing pada mapel IPA di kelas V MI Al Fatah Juwana Pati yaitu sebagai berikut: siswa menjadi percaya diri ketika tampil di depan kelas, siswa menjadi aktif karena adanya interaksi antar siswa dan guru yang menjadikan pembelajaran menjadi efektif dan menyenangkan, serta menjadikan siswa lebih faham topik yang disampaikan guru sehingga motivasi belajar siswa meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSusilowati, RetnoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar,Model Learning By Doing,Mapel IPA
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Aktivitas Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Oct 2023 07:53
Last Modified: 22 Oct 2023 07:53
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11358

Actions (login required)

View Item View Item