Tinjauan hukum Islam Terhadap Pertimbangan Hakim dalam Perkara Pengangkatan Anak yang Tidak Diketahui Orangtua Kandungnya (Studi Kasus Putusan PA Semarang Nomor: 21/Pdt.P/2023/PA.Smg).

Ningsih, Via Lestari (2023) Tinjauan hukum Islam Terhadap Pertimbangan Hakim dalam Perkara Pengangkatan Anak yang Tidak Diketahui Orangtua Kandungnya (Studi Kasus Putusan PA Semarang Nomor: 21/Pdt.P/2023/PA.Smg). Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (272kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (271kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (698kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (498kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (381kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (740kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (354kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (453kB)

Abstract

Setiap pernikahan pasti ingin memiliki keturunan, dan Islam menganjurkan pengangkatan anak bagi sepasang suami istri yang belum memiliki keturunan. Pengangkatan anak merupakan perbuatan hukum dengan cara mengambil anak orang lain yang bukan keturunannya untuk dipelihara dan diperlakukan sebagai anak keturunan sendiri. Dalam melakukan perbuatan hukum yaitu pengangkatan anak ada suatu kewajiban bagi para calon orangtua angkat untuk memberikan kehidupan yang layak dan terjamin bagi anak angkat. Walaupun anak angkat setiap anak pasti memiliki hak untuk memperoleh apa yang seharusnya ia dapatkan seperti pendidikan, kasih sayang, dan kesejahteraan hidup. Skripsi ini dibuat bertujuan untuk mengetahui dan membuktikan tentang hukum Islam pengangkatan anak dan mengetahui dan membuktikan tentang pertimbangan hakim dan analisis putusan hakim dalam perkara pengangkatan anak yang tidak diketahui orangtua kandungnya. Penelitian ini dilaksanakan di Pengadilan Agama Semarang kelas IA. Adapun rumusan masalah ini adalah untuk: 1) Mengetahui dan membuktikan tinjauan hukum Islam mengenai pengangkatan anak yang tidak diketahui orangtua, 2) Mengetahui bagaimana pertimbangan hakim terhadap perkara pengangkatan anak yang tidak diketahui oarangtua kandungnya dalam perkara nomor 21/Pdt.P/2023/PA.Smg Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan menganalisis gambaran-gambaran data yang diperoleh. Dalam pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, dokumentasi, dan observasi. Dimana dalam perolehan data melalui 2 sumber yaitu yaitu sumber data primer dan data sekunder data primer yang diperoleh dari wawancara narasumber da data sekunder yang diperoleh dari arsip data dan referensi buku-buku ilmiah sebagai pelengkap dari hasil penelitian skripsi ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pandangan hukum Islam terkait pengangkatan anak sendiri dianjurkan dan diperbolehkan sesuai dalam Q.S. Al-Ahzab ayat 4-5. Dan sesuai dengan kompilasi hukum Islam pasal 171 huruf h. Dalam pertimbangan hakim tidak ada perselisihan terhadap hukum Islam yang sudah berlaku serta dalam pengangkatan anak menurut hukum Islam anak angkat tersebut tidak bernasabkan orangtua angkatnya. Dan tidak boleh memutus kan hubungan darah dengan orangtua kandung. Kewajiban orangtua angkat kepada anak angkat yaitu tidak lain menolong anak tersebut dari kehidupan yang sengsara dengan bertanggung jawab untuk memberikan kehidupan yang layak dan terpenuhi hak nya, seperti pendidikan, sandang pangan dan tempat tinggal serta memperoleh kasih sayang dan kesejahteraan dalam hidup.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKasdi, AbdurrohmanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengangkatan anak, Perkara Putusan, Hukum Islam
Subjects: Fiqih, Hukum Islam
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 23 Oct 2023 02:54
Last Modified: 23 Oct 2023 02:54
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11378

Actions (login required)

View Item View Item